AHM Yang Bandel Atau Megapro Memang Bengal?


Sebenarnya AHM yang bandel, atau memang megapro-nya yang bengal ?

Anda termasuk ‘Alien’ kalau mengaku tidak kenal Megapro, bahkan ‘Alien’ juga kalau tidak tahu sejarah Megapro walaupun sedikit saja. Megapro adalah kelanjutan GL-Pro 160cc Neotech, ia muncul diakhir tahun 90′an bersamaan dengan gegap gempita transisi orde baru ke orde reformasi yang mencuatkan nama Megawati (apa hubungannya… maap Bu Mega).

GL-Pro di jamannya adalah motor batangan 4 tak ber cc paling besar kepunyaan Honda, sayang modelnya sama persis dengan GL-max yang lebih kecil specnya. Kemudian 96′ muncul Tiger 2000 dengan model neoclassic-nya, menyusul kemudian Honda dengan cerdiknya meluncurkan Megapro yang desainnya 11-12 dengan Tiger. GL-160 terselamatkan, ganti model pasaran meningkat sekaligus masih melekat maskot motor paling kuli di Indonesia. Megapro merajai pasaran motor batangan di Indonesia hingga tahun 2007, sempat goyah tahun 2005 saat Suzuki menelurkan Thunder 125.

Harga Megapro pun terus merangkak naik, lebih ‘gila’ lagi sempat terjadi inden di sebagian besar wilayah Indonesia saat AHM memoles model Megapro di tahun 2006 seperti bentuknya yang sekarang. Hingga akhir 2008 oknum dealer yang nakal mengutip Rp300ribu-Rp500ribu bagi konsumen yang kebelet ingin segera nyemplak si Mega. Tak dapat dipungkiri Megapro adalah pundi keuntungan AHM di kelas motor batangan. Meski saat ini kalah pasar dibandingkan dengan Yamaha V-ixion, tapi serapan pasar terhadap Megapro masih cukup tinggi … sudah tentu keuntungan AHM atas penjualan Megapro masih menggiurkan dengan harganya yang overpriced.

AHM boleh dibilang ‘bandel’ masih pede jualan Megapro yang product value-nya cukup inferior dibandingkan produk pabrikan lain pada kelas yang sama. Tapi bandelnya AHM memang dipelihara oleh pengetahuan jadul konsumen mengenai brand image Honda yang irit, kokoh, awet, resale value tinggi, dan paling kuli dibanding merek lain. Ditambah lagi Megapro Owner adalah kalangan pekerja kelas tengah yang dan rasional pragmatis. Di daerah pekerja kelas ini adalah konsumen sepeda motor yang cukup dominan, menginginkan sepeda motor yang berteknologi simpel berkaitan dengan jarak tempuh harian yang cukup jauh dan sedikitnya bengkel resmi, model sport touring yang nyaman untuk perjalanan melalui medan yang tak selalu bersahabat, kuat mengangkut beban yang harus dibawa, dengan model yang juga sederhana. Nah.. wajarkan AHM mempertahankan Megapro?

Sadar Donk AHM Konsumen Juga Manusia

Megapro memang disayang, tapi juga dibenci, sayang tapi benci, benci tapi sayang. Megapro  sudah lebih dari 10 tahun menjejaki pasar motor sport Indonesia dengan tampang tua dan mudanya. Jumlah konsumen yang besar melahirkan comunity Megapro dan aktivitas klub sebagaimana klub-klub otomotif lainnya. Produksi part variasi melahirkan peluang rezeki yang juga tidak bisa dibilang sedikit, bahkan boleh dianggap aktivitas klub-lah yang memicu produksi part variasi dan modifikasi ini. Sebut saja Honda Megapro Club (HMPC) yang mudah ditemui di hampir seluruh kota besar dengan jumlah anggota club aktif yang mencapai ribuan diseluruh Indonesia. Tapi semua itu saat ini hampir menemukan titik jenuhnya, kebosanan melanda, suara bertanya mana Megapro baru yang benar-benar baru semakin menggema, terutama setelah pabrikan kompetitor menghadirkan produk yang lebih fresh, stylish, dan techno minded. Sebagian owner megapro merasa tunggangannya Jadul… dan semakin kecewa saat menemukan motor India ternyata lebih irit dan bertenaga, harga lebih murah dengan teknologi yang semakin berkembang.

Sejak Kemunculan Bajaj Pulsar 180 DTS-Si di tahun 2006 dan Yamaha V-ixion di tahun 2007 Megapro tidak bisa melenggang sendirian, mau tidak mau, suka tidak suka harus berbagi kue pasar sport dibawah 200 cc. Yamaha v-ixion sebagai sesama motor Jepang hadir dengan mindsed baru : Yamaha 4 tak SOHC 4 klep berteknologi injeksi, berpendingin air, turunan R-15 India dengan sasis deltabox, saat hadir pertama kali harga lebih terjangkau kalau kita bandingkan dengan Fitur yang dibawa. Konsumen V-ixion yang sekarang memang agak berbeda segmennya dibandingkan konsumen megapro… tapi dulunya mereka juga konsumen megapro atau yang urung membeli Megapro, nah lho…? Konsumen dan calon konsumen Megapro dari kelas usia yang lebih muda, tinggal diperkotaan, menginginkan tunggangan yang mewakili jiwa muda dengan image smart dan techno minded, tidak banyak bersentuhan dengan medan berat, dengan mudah beralih kelain motor karena memang sudah ada pilihan lain. Memperhatikan perilaku konsumen daerahpun kita akan menemukan adanya pergeseran minsed, saat ini Yamaha V-ixion telah menjadi pilihan utama menggeser kedudukan sang Mega, disamping ada juga yang menjatuhkan pilihannya pada motor India dan China.

Sangat menarik apa yang telah disampaikan Kakang Panembahan berkenaan dengan perkembangan pasar motor sport khususnya Honda dan Yamaha berikut ini :

Gimana dengan pabrikan Honda… ??? Jika dilihat secara komposisi… Honda Megapro berada dikisaran 75% (pembulatan, biar gampang ngitungnya red.)… dan Honda Tiger sebesar 25% … !!! Menurut gue komposisi ini cukup ideal… dalam artian jika Honda Tiger terjual 5 rebu unit… maka Honda Megapro terjual 15 rebu unit… cukup ideal dengan perbedaan harga Rp. 4 jeti… hal ini cukup masuk akal… (teori supply dan demand red.) … !!! Namun yang perlu dicermati… adalah seberapa besar Honda Megapro bisa bertahan… dan mempertahankan komposisi 75% … ??? Honda Megapro akan berat untuk melawan V-ixion… dimasa datang … !!! Mungkin pabrikan Honda menyadari hal ini,…. dan sedang melakukan rencana untuk menyiapkan Senopati untuk menghadapi V-ixion … !!! Gue melihat,… tugas yang diemban Honda Megapro adalah maybe it’s oke kalau kalah dengan V-ixion… namun penjualannya jangan drop sekali… alias diminta untuk bertahan… !!!

Megapro Ingin Bertahan dengan Apa?

Karakteristik konsumen Megapro semakin menyempit dan tentunya pasar Megapro juga semakin mengecil, kalau AHM tidak percaya monggo silahkan lakukan penelitian. Pilihan bagi konsumen motor batangan dibawah 200 cc makin banyak, motor Jepang… india… dan sebagian kecil Mochin. Tahun kemarin Megapro memang masih lumayan penjualannya, kurang lebih 30 persen wholesale motor sport di Indonesia. Akhir tahun 2009 Bajaj diam – diam merefresh body Pulsar 180 DTS-Si. Awal tahun ini Yamaha sebagai kompetitor terberat Honda sudah meluncurkan V-ixion Facelift dan hampir dapat dipastikan menyusul FZ 16 a.k.a Byson dalam waktu dekat. Rumornya Suzuki juga akan menelurkan Sport 150 cc.

Kabar burung bilang AHM akan merefresh Megapro. Refreh secara keseluruhan atau cuma ganti bodi :mrgreen: ? Permasalahannya berat juga memunculkan produk baru dengan mempertahankan image Megapro sebagai the multiple purposes simple techno sport touring, sekaligus menghadirkan new sport bike edvanced  technology yang sepertinya bertolak belakang.

Opsi menyatukannya dalam satu produk sebenarnya bukan tidak mungkin, Kalau Adul boleh usul :

1. ambil design enduro bike macam Honda Varadero, pasang mesin CS-1 yang di bore-up atau tetap mesin GL-160,  lalu tambahkan teknologi PGM-FI yang sudah mulai familiar di bengkel pinggir jalan (special thank’s to Supra X 125 PGM-FI :D)

2. ambil desain motor batangan Honda yang lain seperti Hunk, VTR, atau CB 300 R, yang tidak boleh meninggalkan ‘tradisi kuli’ yang sudah terlanjur melekat di Megapro, lengkapi dengan fitur mutakhir Honda yang sudah mulai dikenal di Indonesia.

3. buat dua motor baru dikelas bawah 200 cc, yang satu tetep sejenis Megapro dengan segala kesederhanaannya :mrgreen: truz yang satu lagi pure sport dengan fitur edvanced technology-nya Honda… CBR kah?

Nah bagaimana AHM? mau dengerin Adul yang masih terus setia dengan Megapro 05 enggak?

About these ads
    • Zukro
    • January 21st, 2010

    Pertamax!

    • Zukro
    • January 21st, 2010

    betul bro!wakt ane awal2 kerja,dan bth mtor untk pulang kampung,mtor yg pertm x kepikran untk dbli adalah megapro,kenapa?krn ya kuli td,mau dbwa beroffroad ria di main road yang kalo g bechek ya debu,megy ok.mau dbwa jalan 100km,pinggang g cpek2 amat. sekarang aje,ane mash mikir2 tuk jual tu megy,sensasi bawanya,maknyos bgt!apalg kalo hbs bw mtor fullsport,trus ganti mbejek megy,mangstabs!megapro memang ngangenin!

  1. KEtigaXXXXXX
    motor biasa yang beratahan dengan nama besar

    • Densur
    • January 22nd, 2010

    Hmm..

    Kalo seandainyah MEGAPRO di Upgrade dengan fitur canggih semacam FUEL INJECTION, harga jualnyah bisa-bisa tabrakan dengan TIGER dong??

    wah..kagok juga yah??

    atau..jangan-jangan siap-siap ganti baju lagih??? + kacamata baru??

    he..he..peace ah..

    Kalau kita compare dengan v-ixion terasa sekali Megapro overpriced… AHM masih bisa untung walaupun ada penambahan fitur, product value naik image AHM pun ikut naik.

      • Densur
      • January 23rd, 2010

      Nah!!…

      Sepertinyah AHM lebih senang jualan Metik dan Bebek yah??

      Padahal sayah yakin konsumen motor sport yang menanti motor baru AHM banyak tuh!!..

    • andai saja indonesia bisa membuat motor yang kualitsanya sama sama mega pro ya he he he he
      mimpu kali ye

    • a’lilin
    • January 22nd, 2010

    lagi2 masalah market share motor sport indonesia. saya pikir ahm untuk saat ini akan berpikir 1000x untuk mengupgrade megapro dengan fitur2 baru, dengan penambahan fitur baru otomatis harga akan terdongkrak juga, mau gak mau pasar akan memilih alternatif lain yang lebih murah. seperti yang mas adul ulas diatas, banyak motor baru dikelas tersebut, okelah untuk motor china dan india bisa dilihat sebelah mata, tapi produk dari 2 pabrikan jepang lainnya gimana.
    seperti yang kita ketahui kemungkinan FZ16 akan dibanderol diangka 18-19 jt, walau motor ini dalemannya apa adanya (lebih imperior dibanding vixion), tapi tongkrongannya cukup sangar, bisa dibilang idaman anak muda. pasarpun kayaknya cukup positif menyambut produk ini. nah FZ16 aja udah cukup jadi ancaman lho untuk kondisi harga mega pro sekarang ini.
    okeylah anggep aja ahm melepas new mega pro dengan tambahan fitur baru dengan harga sekarang. saya pikir hasilnya akan sama saja, karena dipasar kita harga menjadi sangat sensitif. ingat kan kasus thundernya suzuki, dengan tampilan dan mesin yang apa adanya sempet nyedot pasar mega pro, yang jelas2 menang segalanya.
    so.. untuk sekarang sih realistisnya mega pro di make up aja dulu dan harganya diturunin aja, yah minimal bisa head to head dengan FZ16.

      • adul
      • January 22nd, 2010

      gimana AHM ? dandanin si Mega truzzz harga diturunin
      opsi yang masuk akal dan akan disabut baik pasar seperti dulu pernah terjadi pada Supra X 125 … CMIW

    • Codepro
    • January 22nd, 2010

    Mas saya setuju dengan pendapat mas adul.mega pro mang g penah ganti “mesin” cuma ganti body ja.tapi saya mulai suka ma ahm&agak gimana “gt” ma ymki
    y mulay kaya ahm.
    pdhal pake jupi mx xixi
    jadi oot neh.
    Soal mega pro jangan d pake lagi namanya ganti ja ma pa lah.nama mega pro dah gimana gt d masyarataka.
    saya ambil opsi ganti mesin ma cs1 tapi d bour up jadi 150 injecsi&monosok.klo g y cs1 ja ganti bodi motor sport.kan mesin dah mantab.tingal ganti body.
    Kan ntr kaya jupi mx yang jadi vixion&injecsi.
    Atau brojolin ja cbr y d idmam2 kan masyarakat indonesia.tenknologi sebanding ma harga.
    Berharap ja moga2 ja ahm keluarin motor keren d indonesia.klo perlu smua R&D smua pabikan d indonesia.bozan pake motor “basi” kluar dulu d thai baru masuk d indonesia

    • Greemjoe_99
    • January 23rd, 2010

    heran,, aj kok masih ada yang beli megapro yak, mana overprice, mesin jadul, powernya ampuun lemot banget, sok belakang pada miring ke kanan yang bikin gak enak banget diliatnya, handling kaku, plus koplingnya yang kalah smooth dari vixion atau fu, saya nyesel banget dulu sempat beli neegh motor n sekarang sudah saya jokul beralih ke bebek binal fu-150

    • atlet
    • January 23rd, 2010

    Kemarin saya lihat cbr di diler Honda Marco motor madiun. CBR CKD kah gerangan??

    • pemain baru
    • January 26th, 2010

    Megapro ga usah diganti, harga aja yang disesuaikan..
    Keluarkan produk baru yang hi tech..
    kalolah nanti megapro gak laku pasti akan terbunuh dengan sendirinya

    • mungkin .. namun berapa tahun lagi kemungkinan itu pemain baru….?

  2. megapro masih dicari karena emang sparepartnya gampang, servisnya juga enak. bengkel udah biasa. di kampung saya all variant pro, bener2 disiksa. buat angkut2 apapun hayuh aja. :)

    betul mbokde belum ada motor batangan selain All pro yang semudah itu sparepartnya didapat.

    • reef_q
    • May 20th, 2010

    megapro is the best..
    3S yang mendukung mnjd alasan knp gue milih si Meggy..

  3. mwnurut saya honda megapro 2007 suadh cukup lah untuk sekelas motor sport ….

  4. megpro new lampu depan jiplak satria. gak bagus ter lalu besar

  5. hargaya kok nyaingi vixion

  6. modelya terlalu norak

      • At_Cool
      • August 31st, 2010

      modelnya gak norak, klasik kaya cb400….keren…”jepang banget”…lebih “jepang” dibanding tiger, yang disayangkan cuman kualitas buatannya aja yang semakin turun….tangki 07 dah bocor, kopling bletak2, begetar2, part2 kecil murahan…dan harganya yang makin mahal.

    • mvct
    • August 31st, 2010

    megapro is the best, coz gak cuma jago di jalan aspal tp jaln yg non aspal kayak di tempat becek & berbatu2 jg dapat di andalkan.

    • apet
    • September 14th, 2010

    kapan ya indonesia bisa buat motor kaya motor jepang

    • Colot Bin Katob
    • November 23rd, 2010

    Mega Pro 160 Standar OTR Jkt 19.440.000
    TVS Apache RTR 160 DD CW OTR Jkt 18.500.000
    New Mega Pro 150 Standar OTR Jkt 18.300.000

    BINGUNG NIH,,,,,please kasih masukkan dong…
    Yang cocok buat saya usia 39 tahun, type mana ya…
    Tinggal di Jakarta untuk transportasi harian berboncengan sama istri, thanks

    • Ombram Dumai
    • June 21st, 2011

    AHM semakin mirip YMKI ….
    dan YMKI semakin mirip AHM

    • Idriss
    • August 1st, 2011

    Hahhahhahah megapro????

    • embah logika
    • October 25th, 2011

    dijual motor megapro 2006 bekasi harga Rp 10,5jt damai,warna biru tlp/sms 085285382026,siapa cepat anda dapat.

  7. mending bajaj pulser new lebih irit tangguh dijalanan dng bobot 122klg mantep.60/kpj 5detik,

  8. mega pro new tanki nya jadul gak pantes ama body bikin anak muda merasa jd tua ngendarainya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 42 other followers

%d bloggers like this: