Honda : Safety Riding Masuk Kurikulum Sekolah


Honda menunjukkan konsistensinya dalam peran serta mewujudkan membudayanya safety riding (berkendara aman). Beberapa hal yang dilakukan Honda : pemasangan fitur safety pada unit sepeda motor terutama scootic yang diproduksinya, kampanye berkendara aman bersama komunitas roda dua dan sekolah – sekolah, dan yang terakhir mengusulkan dan bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional menyusun kurikulum khusus mengenai berkendara aman. Johanes Loman, executive Vice President PT AHM, mengatakan akan ada muatan lokal yang berisi materi berkendara aman di tingkat SD sampai SMA yang saat ini sedang disusun.

Strukturisasi materi berkendara aman melalui penyusunan kurikulum sekolah memang sudah menjadi kebutuhan mengingat mobilisasi massa yang semakin intensif dan terus meningkat dari waktu ke waktu, sementara di lain sisi kesadaran berkendara aman belum membudaya. Sekolah sendiri menjadi tempat generasi muda mendapatkan pendidikan sains, bahasa, sejarah, agama, dan sosial budaya. Berkendara aman dapat menjadi bagian dari pengetahuan sosial budaya yang diajarkan di sekolah.Usulan dan kerjasama yang dilakukan Honda patut mendapatkan apresiasi dan dukungan, bahkan ATPM lain pun mustinya tidak malu – malu untuk melibatkan diri mengikuti langkah yang diawali Honda ini.

Pengajaran berkendara aman prakteknya pasti akan sangat menyenangkan bagi para pelajar karena mereka menjadi subyek yang berinteraksi langsung dengan komponen lalulintas jalan raya. Beberapa materi dapat diajarkan di tingkat dasar seperti pengenalan rambu lalulintas dan cara membonceng yang benar. Siswa menengah pertama sebaiknya masih mendapatkan pengenalan rambu-rambu lalulintas dan cara membonceng yang benar Dilanjutkan dengan pengenalan bagian penting sepeda motor yang berkenaan dengan keselamatan berkendara seperti pengoperasian rem dan lampu – lampu.

Siswa menengah atas dapat bersentuhan langsung dengan sepeda motor dan berperan sebagai pengendara meski sebagian belum cukup umur untuk mendapatkan SIM. Banyak materi mengenai berkendara aman yang dapat dilatihkan seperti : naik dan turun dari sepeda motor, teknik pengereman,  latihan keseimbangan, simulasi jalan bergelombang, dan simulasi melewati jalan menikung.

Dari keseluruhan latihan teknik berkendara aman, yang paling penting justru adalah penanaman pemahaman bahwa berkendara aman tidak sekedar kepentingan diri sendiri tapi harus juga memperhatikan keselamatan orang lain sesama pengguna jalan.

gambar 1 dari sl.com, gambar 2 dari Bro Bimo, gambar 3 dan 4 dari otomotifnet.

About these ads
  1. motor2nya pada pake PERTAMAX ga
    langkah yang brilian

  2. biar anak2 pemula yang belum merasakan akibat tidak safety riding, tidak usah mengalaminya sebagai pelajaran
    kalo yang udah tua, belajarnya karena mengalami akibatnya

    mengalami akibat apa bro :D ?

    • Mengalami senjata makan tuan. Vespanya ndlosorr…. :mrgreen:

    • adul
    • February 13th, 2010

    @Nadi
    Episode Vespa ndlosorrrr….? :mrgreen:

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: