Mengapa D-Tracker 150 S Menggunakan Velg 14′ ?


Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memanfaatkan gelaran otobursa beberapa waktu lalu untuk memperkenalkan varian Supermoto D-Tracker 150. D-Tracker 150 berbasis pada KLX 150 S varian motor trail yang sudah lebih dahulu memasuki pasar Indonesia. Beberapa blogger roda dua yang sempat melihat penampakan D-Tracker 150 di ajang tersebut melaporkan varian supermoto ini menggunakan velg 14′. Ukuran velg yang umumnya digunakan pada varian skuter manual maupun otomatik, sempat membuat kecewa yang melihatnya. Mengapa Kawasaki justru menggunakannya pada D-tracker 150 (juga D-Tracker 125 di Eropa) ?.

Supermoto berasal dari konversi motocross menjadi motor jalanan dengan ubahan utama pada ukuran ban, suspensi, dan seat, agar cukup nyaman dipakai di jalan tapi juga tetap bisa melibas medan off road. Ban yang digunakan berflatform jalanan atau enduro ringan umumnya bervelg 17′, ubahan pada suspensi benar – benar hanya sebatas mengurangi jarak main (travel) untuk meningkatkan handling dan mengurangi tukikan (amblezzz) saat mengerem, seat dibuat lebih nyaman untuk berkendara di jalanan. Secara keseluruhan dimensi  supermoto hampir sama dengan basis motocrossnya berkaitan dengan kepentingan penggunaan off road ringan dengan seat height yang diturunkan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengendalian motor di jalanan yang ramai.

Kakang Panembahan pernah membahas secara khusus mengenai pentingnya memperhatikan seatheight sebelum meminang sepedamotor. Telapak kaki harus benar – benar menapak agar saat berhenti tubuh dapat menahan beban motor. Terlebih bila kita menyaksikan aksi pembalap supermoto yang menggunakan telapak kakinya sebagai bagian penting dalam pengendalian motor terutama saat menikung untuk itu diperlukan seathieight yang sesuai dengan postur tinggi tubuh ridernya.

Masih menurut Kakang Panembahan, untuk tinggi rata – rata pria dewasa orang Indonesia yang 165 cm seatheight yang cocok 800 mm. Memperhatikan perbandingan antara D-Tracker 125 dengan KLX 125, ubahan ukuran velg depan dari 19′ ke 14′ dan velg belakang dari 16′  ke 14′ hanya menurunkan seatheight sebanyak 25 mm dan justru meningkatkan groundclearence sebanyak 25 mm. Cukup alasan bagi KMI untuk tetap mengaplikasikan velg 14′ di D-tracker 150 yang akan diproduksi dan dipasarkan di Indonesia demi kepentingan keamanan berkendara di jalan raya. Perhatikan perbandingan antara D-Tracker 125 dengan KLX 125 yang beredar di Eropa berikut ini :

D-Tracker 125 KLX 125
Dimensions (L x W x H) 1,900 mm x 770 mm

x 1,060 mm

1,980 mm x 770 mm

x 1,090 mm

Wheelbase 1,255 mm 1,285 mm
Ground Clearance 230 mm 255 mm
Seat height 805 mm 830 mm

Tyre, front
100/80-14 70/100-19

Tyre, rear
120/80-14 90/100-16
Steering angle, left / right 38˚ / 38˚ 43˚ / 43˚
About these ads
    • anak9
    • May 17th, 2010

    kayak velg motor matic donk… :D

  1. gak masalah..yang penting form factornya bukan bebek…jadi lebih gagah.

  2. velg 14″ sudah cocok dan proporsional dengan dimensi dan berat D-Tracker 150 :D

    • jeng rondho
    • May 17th, 2010

    up side down euy…. keren

    • SkyrideR
    • May 17th, 2010

    velg sw ku aja 16 :mrgreen:

    • adul
    • May 17th, 2010

    @ All Adul yakin pemilihan velg 14′ semata – mata mempertimbangkan keamanan dan kemudahan handling terutama bagi pemula.

  3. wihh..bisa tukar2ran dengan mio nih…xixixix :mrgreen:

    • daris
    • May 18th, 2010

    ada yg versi velg cw ga ya ? biar mirip aprilia Dorsoduro

  4. lama2 mirip KSR110 nih motornya…hehehe

    • Edmon
    • May 24th, 2010

    hehehe motornya buat anak-anak baru….. very small…..

    • renndy
    • July 17th, 2010

    d tracker 150,mantap bro…
    soal nya ane baru ambil.
    bener2 mantapp,tuk melibas.jln2 rusak.
    jangan liat dari ukuran,tp ngerasaain dl.
    baru tau efek nya.
    mantap…….

      • adul
      • July 17th, 2010

      Thank’s for the share bro … kalau berkenan boleh kirim tulisan mengenai riding impression-nya nanti Adul jadikan posting tamu :D

    • renndy
    • July 17th, 2010

    bravo kawasaki.

    • antok
    • July 27th, 2010

    jangan kuatir bro…. TDR dah launching velg almu U-shape ring17…. 28 and 32 holes berikut jari-jarinyakhusus buat klx 150 n d-tracker 150…. jadi kagak usah ganti romol lagi…. gak usah ganti sprocket tinggal sesuaikan gear speedometer aja biar gak ngaco…..

    • ahmad
    • July 24th, 2014

    Lbh mantaf front ( 100/90 SW 17″)
    Back ( 120/80 SW 16″)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: