Lebih Baik Naik Vespa !


Sekali waktu motoradul perlu opname dibengkel. Kali ini kasusnya swing arm melenceng ke kiri, rupanya rumah busing sebelah kiri termakan usia hingga tidak mampu menahan efek tarikan rantai. Kalau Adul amati kasus seperti ini banyak terjadi pada Megapro maupun Tiger. Solusinya menambah plat yang dibentuk mengikuti rumah busing swing arm atau membuat rumah swing arm baru.

Pengerjaannya butuh waktu satu sampai dua hari sementara Adul tidak punya banyak waktu untuk menunggu sehingga motoradul pun di opname. Untuk kembali ke lokasi kebun pilihan terbaik harus menggunakan sepeda motor. Sebenarnya ada alternatif angkutan umum dari lokasi bengkel yang berada di kampung orang tua Adul ke gerbang utama lokasi kebun, selanjutnya bisa minta jemput mobil kantor untuk diantar ke rumah dinas. Tapi untuk berpusing – pusing di kebun Adul masih butuh sepeda motor sehingga lebih baik dari pengkel pulang pakai sepeda motor. Kebetulan Mas Edy pemilik bengkel tak bernama yang berpengalaman mengerjakan restorasi CB dan Vespa itu memiliki sebuah Vespa, berbodi Vespa 60’an tapi bermesin PX 80’an. Adul dipinjami Vespa tersebut.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Adul naik Vespa. Dulu waktu masih kuliah teman satu kost-an juga punya Vespa 1960 orisinil. Adul sering memakainya mengunjungi petani di pelosok Lampung Selatan dan Tanggamus untuk keperluan praktek kerja lapangan. Urusan mogok itu Vespa jagonya :D Kali ini seakan bernostalgia Adul mempersiapkan kesabaran dalam hati untuk menghadapi kemungkinan mogok lagi.

Diluar dugaan Vespa made in Mas Edy ini masih handal mesinnya. Tarikan ringan bertenaga ciri motor dua tak dengan jeritan knalpot khas Vespa menemani perjalanan pulang. Kaki rehat sejenak karena perpindahan persneleng cukup dengan putaran tangan kiri. Sayang nikmatnya perjalanan sedikit terganggu oleh jalan berlubang sepanjang jalan provinsi dari bengkel hingga pertigaan Gunung Batin. Memasuki jalan lintas Sumatera yang ramai Vespa tua ini masih bisa unjuk gigi mennyalip mobil – mobil di depan yang melaju dengan kecepatan sedang. Lintasan lurus jadi kesempatan menambah kecepatan, namun untuk memasuki tikungan si Vespa musti direm lebih awal agar tidak terlempar. Tidak terasa 10 km jalan lintas sumatera telah dilalui, Vespa Adul belokkan ke kanan memasuki lokasi kebun. Jalan tanah kering berdebu dan bergelombang dihadapan mata, kali ini kesabaran benar -benar diuji. Saat melaju dengan motoradul yang ber-ring velg 18′ jalan seperti ini masih bisa dilibas dengan kecepatan sampai 100 kpj … tapi pakai Vespa velg imut, alon -alon asal kelakon :mrgreen:

Keesokan harinya … Vespa biru ikut ke kebun, satu – satunya masalah yang membuat kurang adaptif velgnya yang kelewat imut :D

About these ads
  1. pertamax duweh……

      • adul
      • November 16th, 2010

      iya kali ya … sempet ragu juga kalau melihat cover mesin dan bagasi yang kurang bulet … mungkin 74′

  2. matebbb pegele.

  3. Lebih baik naik sepeda Om Adul
    Badan sehat bebas polusi :grin:

      • adul
      • November 16th, 2010

      boleh juga … tapi kalau untuk muter kebun 4000 Ha jauh dari sehat :D

    • one08
    • November 16th, 2010

    kapok naik vespa, mirip orang binaraga :lol:

      • adul
      • November 16th, 2010

      wahhhh BC iki :mrgreen:

    • Basho
    • November 16th, 2010

    Vespa…..lumayan lah tua-tua begini :mrgreen:

  4. Saya juga pingin punya Piaggio/Vespa :)

      • adul
      • November 16th, 2010

      Grand tourismo om …? :D

  5. kalo naik vespa cuma 1 modalnya:SABAR….xixixi :mrgreen:

  6. vespa memang oye :D

    • ombram Dumai
    • June 11th, 2011

    hahahaha…..sabar Om !!!! ane juga dulu waktu kuliah pake PX thn 80, sekarang udah dijual….sekarang kferja pake TS 125…….jadi ingat sama Vespa…..kalo udah mogok….abis dah mantan pacar jadi luapan emosi, karena PX mogok…., kalo sekarang mantan pacar duduk di jok TS dong…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: