Esemka Tak Lolos Mengapa Panther Lolos ?


Hai bro … lama sekali saya tak menulis.

Pertanyaan judul diatas muncul saat satu kejadian melintas didepan saya. Saat itu saya sedang melaju perlahan … kebetulan sedang menggunakan mobil tua SUV Amerika bermerek Jerman. Setelah melewati kampus Darmajaya arah ke barat menuju Rajabasa saya melambatkan laju kendaraan karena didepan ada titik U-turn untuk kendaraan diseberang berputar arah. Saat itulah melintas sebuah Isuzu panther berwarna putih dengan angka kecil terakhir 17 … usianya belum setahun… setelah berhasil memutar arah dan berakselerasi terlihatlah asap hitam pekat yang mengepul khas mesin diesel jaman jebot :D

gambar sekedar ilustrasi

Saya tidak tahu apakah seluruh Panther produksi terakhir masih juga menggunakan mesin lama, atau bermesin baru tapi masih dengan emisi yang sama dengan mesin lama, dan yang lebih tidak tahu lagi produk Isuzu Panther tersebut lolos standar emisi yang manakah ?

Kalau menilik standar emisi Euro , batasan yang dibebankan ke kendaraan penumpang bermesin diesel lebih ketat dibandingkan dengan kendaraan bermesin bensin. Mobil esemka yang bermesin bensin, berfitur injeksi, ber-catalytic converter dengan batasan emisi yang lebih longgar benarkah masih kalah dengan Isuzu Panther ? ….   entahlah.
STOP PEMBODONGAN OJOMODIP :mrgreen:

About these ads
    • abonsapi
    • April 3rd, 2012

    diesel yg pekat cuma jelaga…selebihnya “cuma” gas CO2. beda ama mesin bensin yg ngeluarin CO

    • abonsapi
    • April 3rd, 2012

    benul gan…xixixixixi

    • ampuuuun guru ….. :D

    • wah, komengtator legenda jaman jebot nih mas abon :)
      abon sapi = mas bagus propus, benul gak nih mas?
      xixixi.., cuma tebak2 buah manggis… :)

  1. mesin diesel walau berasap hitam itu bukan co, mesin diesel lebih ramah dari mesin bensin
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/02/alay-itu-bebal-alay-itu-nekat-alay-itu-bandel-alay-itu-badak/

  2. Karbon dioksida tidak ramah juga ; efek rumah kaca, peningkatan suhu bumi yang menjadi penyebab perubahan iklim … dst
    http://id.wikipedia.org/wiki/Efek_rumah_kaca

    • Yudakuzuma
    • April 4th, 2012

    “kebetulan sedang menggunakan mobil tua SUV Amerika bermerek Jerman” >>> blazer kan kang wkwkwkwk!!! :mrgreen:

    • man
    • April 5th, 2012

    ikut komentar juga masbro.
    diesel maupun bensin sama2 berpolusi.
    bedanya polusi diesel kelihatan dan berbau, sedangkan polusi bensin ga kelihatan dan ga bau.

    bahaya mana?
    justru yang ga kelhatan dan ga bau lebih berbahaya, tau2 ditemukan muda-mudi tewas tanpa busana didalam mobil bensin.
    coba kalo muda-mudi itu naik panther, kan ga jadi tewas didalam mobil.
    hehehe…
    pisss…

  3. kualitas solar disini yang jelek jadi ngebul

    waktu tes emisi mungkin pake solarnya shell xixiixixi

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  4. Mungkin itu mobilnya gak pernah dirawat.
    Gak semua mobil diesel kaya gitu.

  5. kembali ke manusianya..

    • kudalumping
    • April 10th, 2012

    pantherkan uda EURO 2

  6. om, tes emisi yang dilalukan Esemk kan tes pertama kali sebelum produk diizinkan dilempar ke pasaran. apa yg diliat di jalan ya yang sudah dipake berkali2 oleh pemiliknya dan juga tergantung perawatannya dan bahan bakar seperti apa yang digunakan.

    sebenarnya untuk mobil2 yang sudah beredar dan dimiliki konsumen sudah ada uji emisi karena kendaraan roda 4 keluarga saya semua selalu mengikuti uji emisi setiap 6 bulan sekali (karena servis di bengkel resmi).

  7. kalo asep metromini, aman nggk untuk dihirup? wkwkwkwk

  8. beda gan, jelaga diesel walau keliatan pekat banget, secara kandungan tidak seberbahaya mesin bensin, terutama utk lingkungan.. cmiiw

    http://boerhunt.wordpress.com/2012/05/04/mobil-murah-karena-ada-insentif-bea-masuk-bukan-krn-dimurahin-oleh-pabrikan-luar/

  9. konspirasi produsen otomotif lain tercium masbro

  10. Panther bukannya dah lulus Euro 2 ya?

    lagian bener, diesel lebih ramah lingkungan dari bensin, biarpun berasap tebal.

    • Nija PSK
    • June 21st, 2012

    angka “17” kecil itu bisa saja menandakan tuh mobil keluaran 5-10-15 tahun yang lalu…. Apa bener model terbaru 2012?

    • bagasjono
    • July 7th, 2012

    ?? oww

    • harison-kia
    • August 12th, 2012

    yah mungkin ada dasar pertimbangan lainnya kali yah om :)
    memang sangat sulit sih untuk dapat lulus uji :(

  1. December 17th, 2012
    Trackback from : iyoez3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 41 other followers

%d bloggers like this: