Sirine dan strobo bukan untuk konvoi klub


Sirine sering digunakan oleh konvoi kendaraan klub otomotif baik roda empat atau roda dua untuk memperlancar perjalanan. Bunyinya yang mengejutkan membuat pengendara lain segera menepi meski tidak tahu apakah pengguna sirine tersebut berhak mendapatkan prioritas di jalan raya. Masyarakat pada akhirnya melihat kejadian seperti ini sebagai bentuk gagah-gagahan.

Seperti yang terjadi di Bandung kemarin (Sabtu 12/12/2009), Polisi menghentikan konvoi sebuah klub motor besar produksi Amerika yang melintasi Jalan Asia – Afrika dengan membunyikan sirine untuk mendapatkan prioritas jalan. Barisan motor besar tersebut terus melaju meski Polisi telah memberi tanda agar berhenti, Petugas pun tak tinggal diam dan terus berupaya menghentikan konvoi tersebut, yang berakhir dengan penangkapan sang kepala konvoi dan penetapan sebagai tersangka.

Jalan raya milik semua, setiap warga negara berhak atas akses jalan umum. Persamaan hak tersebut bahkan dijamin dalam bentuk UU transportasi. Pengecualian hanya diberikan kepada pejabat negara dalam perjalanan dinasnya, unit ambulans dan mobil jenazah, dan unit pemadam kebakaran. Konvoi kendaraan non dinas hanya mendapat prioritas bila memang mendapatkan pengawalan petugas yang mengambil tindakan ini karena pertimbangan kelancaran arus kendaraan akan terganggu bila konvoi tersebut tidak dikawal.

Sungguh penting untuk disadari oleh setiap personel klub otomotif  bahwa konvoi klubnya bukan termasuk yang mendapatkan prioritas akses jalan raya. Penggunaan sirine dan strobo jelas merupakan pelanggaran, penyerobotan hak sesama pengguna jalan, dan tindakan uncivilized. Tata tertib berlalulintas harus tetap dipatuhi karena hak pengguna jalan lainnya setara dengan hak para peserta konvoi.

    • noFUN
    • December 14th, 2009

    setuju.. jalan milik bersama, dengan persamaan hak atas penggunaannya..

    • 1001nickname
    • December 14th, 2009

    pertamax…

  1. setuju bro.. seharusnya memang polisi yg pake sirene/strobo..

  2. Saya adalah pengguna tiger, sering melihat klub tiger berkonvoi tapi menuhin jalan, bahkan dari arah berlawananpun disuruh minggir, hal inilah yang sering membuat saya malas masuk klub motor, karena banyak yang gagah-gagahan, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan

    • Akhirnya masuk klub bonsai ria jenaka. Lebih egaliter dan menghibur:mrgreen:

    • blackcatdeath
    • December 23rd, 2009

    setujah…
    smua orang punya hak dijalanan..
    apa lalu lintas di indonesia mau pake hukum rimba…?????
    tolong klub motor batangan,mbok di puikirkeun lg sblm bertindak….

      • adul
      • January 3rd, 2010

      enggak cuma motor batangan bro… bahkan klub sepeda pun tidak boleh arogan di jalan…

    • mbah darmo
    • December 28th, 2009

    setujuh.., palignsebel ama klub2 sok jago yang senenganya beginian, udah motor2 murahan aja konvoi menuh2in jalan+ngalahin yang lain, tangkepin aja tuh pak polisi.., tangkep trus motornya masukin tempat sampah, sekalian sampahnya (penunggangya)

      • adul
      • January 3rd, 2010

      sabar mbah jangan emosi… nanti encoknya kambuh😀

    • gandul
    • January 19th, 2010

    pasti klub harli, mang suka arogan tuh klub, kaya dah yang bikin jalanan aje,..

    • hate the undiscipline
    • January 19th, 2010

    tilang n tangkepin smuanya yg ngelanggar…
    pak polisinya jg harus bebas dr KKN….
    jgn yg ada duit aje d belain…..

    • Agung
    • January 19th, 2010

    setuju brO!
    Thnx buat infonya

  3. Setuju. Di dalam aturan lalu lintas memang di tulis Mobil jenazah, ambulance, konvoi dan iring”an.berhak untuk mendapat prioritas, akan tetapi tidak untuk menjadi penguasa jalan donk! Selama sirine dan strobo digunakan hanya untuk menarik perhatian dan tidak untuk ugal”an dan dalam batas yg wajar. Tentu pengguna jalan dan tentunya Bapak polisi bisa memaklumi. Dan yg penting tau tatacara berlalulintas yg baik dan benar agar bisa jd tauladan bagi pengguna jalan yg lain.

    • pengamat
    • January 19th, 2010

    ssh kl konvoi moge ky gt ditertibin…
    lah yg bs puny harley kan polisi jg..jenderal pula..
    gmn polisi yg pangkatnya ecek2 brani nangkep?

    • One_bike
    • January 19th, 2010

    Kalo klub motor menuhi jalan saat konvoi ya di tangkep sendiri aja rame2 seluruh warga bangsa indonesia yang sama2 ga setuju soal sprti itu,kan asyik tu,,gitu aja kok repot…!!

    • Aikie Love Va
    • January 19th, 2010

    Stuju bgt ma tndakan yg Polisi lakukan..trus tingkatkan..Jalan Milik Qta bersama,

  4. lebih baik bike to work..
    lebih bnyk lagi car free day..

    bumi sudah pengap asap kendaraan….

    • Cezter
    • January 19th, 2010

    Kita smua jg byr pajak, ya g brow.So..Mentang2 mtr bgs trz mo egois.G bs gtu dunkz..Jalan milik kt brsm,.

    • Agus s
    • January 19th, 2010

    Setujahhhh bro… club motor yang masih arogan, mendingan stop2in ajha dijalan gampar2 in ajha orang2nya, motor nya sita masukin kali. motor jelek2 pada belagu… Yang pasang sirine copotin trus suruh telen tuh sirinenya.

    • my name IS JACK
    • January 19th, 2010

    GW Anggota Club Motor Cepat, RXKING Ibukota……

    Gw juga sebel ma club motyor arogan, apalgi yang bebek2, kalo jalan pada menuhin jalan, yang di depan disuruh mundur ato minggir (lha gimana caranya, dibelakangnya aja udah penuh motor temennya, minggirpun ga bisa lah, dasar dodol tu mahluk)…… Ya gw sebagai pemilik motor cepat di kasih perintah dia dengan raut muka yang sok JAgo itu malah jadi kerasa ketantang dong, paling kenceng dia berapa sih, palingan ga sampe 3 tahun juga motornya dah bobrok…… kelanjutan kejadian ini satu rombongan club bebek itu mencoba untuk mengganggu gw dengan mencoba mendekati spatbor besi gw (PENGEN BUNUH DIRI KALI YA, GW TINGGAL NGEREM AJA KALAU DIA MAU BUNIH DIRI!), dan disusul oleh beberapa teman2nya, kebetulan gw bawa istri…… karena gw masih ga mau menepi (karena memang dah ga ada tempat untuk menepi)…. akhirnya setelah gw suruh istri untuk pegangan yang kenceng karena gw mau angkat roda depan sekalian coba ngadu ma tuch motor2 kenceng, ternyata ga ada apa2apanya, boro2 kenceng, palingan ganti oli and servis aja dia masih puyeng kali!

      • adul
      • January 19th, 2010

      take it easy bro…jangan emosi…:D

    • Justice bao
    • January 19th, 2010

    bener tuh mendingan di tangkep2in aja bila perlu di suruh panggul mtrnya biar ngehek dia,gw pernah ngalamin kecelakaan peke mbl gara2 ada konvoi vespa yg butut2 jln di tgh ambil jalur gw pas di tikungan jln menurun akhirnya gw banting setir ngindar tp sial gw langsung kebalik ke siring,klw aja gx ada hukum pasti gw dah terabas tuh besi tua.mungkin udah banyak jg yg senasip ma gw gara2 konvoi mtr yg arogan.

    • B6043DOHC
    • January 19th, 2010

    pak polisi tindak tegas pelanggar, tp konsisten ya!!!

    • th3rotor
    • January 19th, 2010

    SETUJU…. setuju…setuju th3rotor setuju…kalo pake sirine masih kekecilan
    harusnya yang konvoi pake TOA biar dilemparin batu bata….

    • stepanus
    • January 19th, 2010

    weleh2 itu mah yang punya jalanan, lagi patroli…tapi keren juga itung2 gaya

    • bikerz
    • January 26th, 2010

    setuju banget dengan opini temen2,emang sekarang banyak konvoi motor meresahkan pengguna jalan lain.
    saya pernah mengalami kejadian yang menjengkelkan.waktu ada convoy motor tiger dari lawan arah.saya uda kasih jalan mereka,tetapi salah satu ridernya ngangkat kakinya ke arah saya,otomatis saya naik pitam.terus saya geber motor saya maju g peduli motor saya kalah gede terus saya bilang an**ng ke mereka.biar mereka tau bahwa hak kita sebagai pengguna jalan sama,orang kita sama-sama bayar pajak ya g bro…
    buat saya mereka bukanlah rider sejati.rider sejati tidak arogan seperti mereka,malah sebaliknya taat berlalu lintas,sebagai contoh buat pengguna jalan lain.mereka belum mengerti yang namanya “JOURNEY NOT DESTINATION”
    semoga club2 motor yang ada di indonesia menyadari akan kepedulian antar sesama pengguna jalan.

    • don java
    • May 8th, 2010

    weleh….masih ada aja yg gt ya??jujur sih gw gak munafik gw juga pakai sirene..tapi ga pernah urakan gitu gw cm pake disaat yang sangat penting seperti gw sering plg mlm dan jalur yg gw lewatin banyak yang suka balap liar…ya mau gak mau gw pun risih sama keadaan kayak gtu akhirnya ya gw bunyiin aja sirene…alhasil kan pada minggir..hehehe…ga pernah gw pake untuk yang bukan” gtu malu dimaki orang iya bener…

    • komentator
    • January 4th, 2011

    waww..
    Apa bener masih ada polisi yg berani tangkap klub penunggang motor besar?
    Beking mereka kan kebanyakan para perwira?
    Anggota x kebanyakan juga para aparat..

  5. ga pke sirine aja angkot menguasai jalanan…
    hahahahha

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

