Triple Clamp Kawasaki D-Tracker Retak… Perlu Recall?


Mungkin Kawasaki D-Tracker adalah supermoto kelas tertinggi yang saat ini di produksi ATPM Indonesia. Basisnya KLX 250, bermesin satu silinder 250 CC yang mampu menghasilkan tenaga sampai 30 hp pada 9000 rpm mesin dengan torsi maksimum 25 nm di 7500 rpm.

Harga D-tracker yang 60 jutaan (CMIW) tidak dapat dibilang murah bagi kebanyakan orang Indonesia. Dengan harga itu tentu seharusnya KMI mampu menyuguhkan kualitas premium pada produknya.

Tapi… pada sebuah threat di forum SMI dibahas sebuah kejadian yang sungguh tidak diharapkan. Begini ceritanya….:

cerita ini hanya untuk pencerahan saja, dan bukan untuk menghasut ato merekayasa terhadap suatu opini. kejadian ini saya alami baru dalam beberapa hari kemarin, dimana motor KAWASAKI D-TRACKERX motor jatuh pada saat posisi parking. Ternyata, TRIPLE CLAMP (segitiga penjepit USD yg atas), mengalami robek/patah, dan herannya setang dan kaki2 tidak mengalami lecet sedikit pun, hanya pada body lecet sedikit itupun kena decal. wah ga nyangka barang CBU kononnya, bisa patah/robek semudah itu…(Bro Ratu Disco SMI)

Pernah mengalami kejadian serupa pada sepeda motor anda?… Motor yang jatuh pada posisi parking tidaklah menimbulkan hentakan yang begitu besar pada tumpuan jatuhnya sehingga seharusnya tidak ada kerusakan berarti yang dialami. Adul pernah mengalami kejadian jatuhnya motor saat parkir… biasanya yang jadi korban spion… paling parah stang kemudi bengkok sedikit. Kalau sampai triple clamp yang rusak oleh kejadian seperti diatas…. apa penyebab yang paling mungkin?…..yo’i do’i…. materialnya yang jelek!

Memang kemudian pihak dealer Kawasaki setempat merespon kejadian ini dengan baik… menghubungi threater ini….dan menggantinya dengan triple clamp yang baru freecharge.

Tapi apakah hanya sampai disitu saja respons Kawasaki? ada baiknya KMI mengevaluasi produknya dengan uji sampel pada produk yang sudah sampai ditangan konsumen… kalau hasilnya menunjukkan bahwa memang materialnya jelek… sebaiknya di recall saja…

  1. Input dan info yang menarik bro . . . Kalo di USA langsung di cek nih

    • Moncer
    • January 3rd, 2010

    Om guspur kalo ga salah pernah nyinggung problem rangka di varian KLX 150 juga, cuma lupa di bagian mananya

  2. Mungkin kalau KLX 150 di velgnya kali ya bro.. Soalnya gampang bengkok..

  3. wah wah gawat juga nih, nice info om

  4. perlu minimal 3 kasus buwat inspeksi- 10 kasus untuk rapat besar…

  1. February 19th, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: