Yamaha Scorpio Bagaimana Nasibmu di 2010 ?


Sebenarnya apa yang membuat YMKI kelihatan enggan memperbaiki Line-up sport tertingginya, scorpio kalajengking yang tak sanggup menyengat itu?

Lucu juga, YMKI dulu meluncurkan Scorpio dan kemudian scorpio Z dengan maksud menggantikan RX-king sebagai raja jalanan. Sayang sekali, saat itu konsumen roda dua masih dominan dikuasai mindsed bahwa 4 tak sama dengan Honda titik. Artinya kalau menginginkan motor 4 tak yang berkualitas Honda satu-satu pilhannya, Sementara Yamaha masih ditempeli cap sebagai motor 2 tak cepat nan boroz : F1-ZR, RX-Spesial, RX-king, YT-110, adalah jagoan-jagoan Yamaha yang masih berdiri gagah saat Scorpio 4 Tak muncul.

Scorpio muncul saat Honda Tiger sudah menjadi primadona motor 200 cc keatas. Desain neoclassic Tiger yang segaris dengan desain motor-motor Honda internasional seperti CB600 R misalnya, sulit dikalahkan oleh tampang Scorpio yang minimalis. Bahkan desain kalajengking Yamaha ini tidak lepas dari pengaruh desain motor-motor 2 tak Yamaha yang sudah ada, perhatikan headlamp kotak dan tangki BBM yang mirip banget dengan RX-king. Lalu perhatikan lagi buritannya yang hampir sama dengan bagian bodi belakang Force One dan motor bebek Yamaha lainnya : lampu sein yang menyatu  dengan lampu belakang. Satu-satunya keunggulan Scorpio adalah rear suspensionnya yang bertipe monocross, tapi itu lagi-lagi saat itu dianggap sebagai kelemahan : kurang kuat dibandingkan dengan motor bersockbreaker stereo.

Facelift Scorpio jadi Scorpio Z masih tidak dapat menolong, kebanting lagi dengan perubahan desain Tiger yang semakin gagah dengan Tiger Revolution cruisernya. Scorpio gagal menggantikan kedigdayaan RX-king, gagal pula mengalahkan Honda Tiger kompetitor beratnya. Saat ini Scorpio hanya sebatas pilihan bahan dasar modifikasi Supermoto atau motard bike dengan alasan sedikit ber-aura enduro/adv. bike karena desain minimalis dan monocrossnya:mrgreen:

Seandainya Yamaha tidak punya V-ixion, apa nasib market share Yamaha di kelas motor sport ? pasti bakal kebanting lagi. Scorpio hanya mampu menyasar 3 persen pasar motor sport di tahun 2009 kemarin. Entah YMKI punya hidden agenda untuk Scorpio, atau memang tidak ada rencana apapun di tahun 2010 ini. Kabar dari YMKI sampai saat ini hanya facelift V-ixion dan rencana peluncuran FZ 16 a.k.a Byson. Mungkinkah YMKI memang mengabaikan Scorpio dan membiarkannya hilang dengan sendirinya termakan mekanisme seleksi oleh konsumen?

Dua tahun lalu bersamaan selentingan kabar AHM akan meluncurkan sportbike kelas 250 cc ada juga kabar burung berita tapi gossip bahwa YMKI akan menelurkan suksesor Scorpio, yakni Yamaha YBR 250. Tapi hingga saat ini konsumen Yamaha bagai pungguk merindukan bulan menanti kedatangan YBR seperempat liter itu. Otak dagang YMKI rupanya masih belum yakin pada daya serap konsumen roda dua Indonesia terhadap motor seperempat liter, padahal Kawasaki sebagai 1’st mover di kelas 250 cc telah mulai merasakan dampak positifnya.

Sebenarnya secara teknis tidak terlalu sulit bagi YMKI untuk menjadikan YBR 250 sebagai suksesor Scorpio, perhatikan bagian terpentingnya : 1. Mesin YBR 250 dan Scorpio setipe hanya beda kubikasi dan sistem karburasi, selisih 26 cc dan bore 4 mm mudah diatasi dengan bore-up sementara karburasi opsional apakah akan menggunakan fuel injection atau tetap memakai karburator. 2. Sebagaimana motor sport Yamaha umumnya, YBR 250 dan Scorpio bersasis steel double craddle dan rear sock absorber monocross dengan dimensi yang tidak berselisih jauh, engine mounting dan fitting bodi dan tanki BBM  mudah diatasi. 3. Untuk aksesori lain seperti headlamp dan panel indikator YMKI paling tahu apa yang diinginkan konsumen misalnya ganti lampu dengan model seperti lampu V-ixion sekarang😀 truzzz pelek pasang yang CW… acara jari’-jari’ sudah lama diganti dengan motoracing:mrgreen:

nih Adul tampilkan specnya YBR 250 yang beda tipis dengan Scorpio :

YBR 250                                                                                                Scorpio Z 225
Engine
Engine type Air-cooled, 4-stroke, single cylinder            idem
Displacement 249 cc                                                                   223 cc
Bore x stroke 74.0 x 58.0 mm                                                70.0 x 58.0 mm
Compression ratio 9.8 : 1                                                                    9.5 : 1
Maximum power 15.7 kW (21 PS) @ 8,000 rpm                      19 ps
Maximum torque 20.7 Nm (2.1 kg-m) @ 6,500 rpm              1.86 kgf-m @ 6500 rpm
Lubrication system Wet sump                                                             idem
Fuel System Fuel injection                                                      karburator
Clutch type Wet, multiple-disc coil spring                        idem
Ignition system TCI (digital)                                                         CDI
Starter system Electric                                                                  + kick tarter
Transmission system Constant mesh, 5-speed                                   idem
Final transmission Chain                                                                     idem
Fuel tank capacity 19 L                                                                        13.5 L
Oil tank capacity 1.5 L
Chassis
Chassis: Steel double cradle                                      idem
Front suspension system Telescopic forks                                            idem
Front travel 115 mm
Rear suspension system Bottom link swingarm                               idem
Rear travel 120 mm
Caster angle 26° 30′
Trail 104.5 mm
Front brake Single disc, Ø 282 mm                            idem
Rear brake Drum, Ø 130 mm                                     idem
Front tyre 100/80-17M/C 52S                                  80/100-18 47P
Rear tyre 130/70-17M/C 62S                                  100/90-18 56P
Dimensions
Length 2,025 mm                                           2,020 mm
Width 745 mm                                               770 mm
Height 1,065 mm                                           1,090 mm
Seat height 805 mm                                               770 mm
Wheel base 1,360 mm                                           1,295 mm
Minimum ground clearance 190 mm                                               165 mm

  1. ckckck…perubahan minimalis:mrgreen:

  2. YMKI ke Scorpio bagaikan kepada anak tiri yah

  3. Hidup segan matipun enggan

    • Codepro
    • January 24th, 2010

    Kasihan ki kalajengking.padahal dah kenceng&sesuei ma konsumsi bbm.harga pas.g kmahalan tapi nda payu gimana neh.fu juga liwat ma kalajengking.

    segala kelebihan Scorpio tertutupi oleh bajunya yang kurang modis😀 YMKI harus secepatnya ganti baju kalajengking

    • kentaro
    • January 24th, 2010

    Lgkah plg bgus y facelift pake bajux YBR250 tp msinx tetep

    • Codepro
    • January 24th, 2010

    Tigal polez dikit biasanya ymki pinter rubah ni tu biar laku.kaya mio ntu.y berharap ja lah 2010 ni d rubah modelnya paling g nya y kaya byson gt lah.kan matab gan.harga jangan gila gilan tapi.ngimpi mode on

    • dian
    • January 24th, 2010

    modelnya sih yg jadul abizz, ditambah lagi kasus monoshock yg cepet amblezz. nungsep deh penjualannya. org beli motor kan gak cuma beli mesin, tapi secara keseluruhan, baik desain, engine, teknologi dan fitur.
    klo scorpio cuma dapet engine doank. gmn mau laku?!

    • gue beli scorpio z memang cuma incar mesinnya doank, kalo body simpel asik bin top markotop !!

  4. mungkin YMKI nunggu Tigernya AHM yg semakin ompong untuk berevolusi dulu….baru si Scorpio ngikutt…kalo ngk yah si Scorpio cuma bisa Ompong2an sama si Tiger di 2010 ini….hehhehehehhe

    • au_ah
    • January 24th, 2010

    @asmarantaka
    Gmn mau menang klo harus nunggu tiger berevolusi dulu. Dgn Tiger yg sekarang aja si kalajengking gak berkutik kok apalagi klo tiger berevolusi lagi. tambah nyungsep pasti!

    • Fajar
    • January 25th, 2010

    Udah balikin ke alam nya aja jadiin TW 225 lagi… Kan gahar tu

    • hepidhai
    • January 25th, 2010

    tolong dikoreksi mas, ybr 250 sudah memakai oil cooler (sperti pada FU).
    ada teman yang pernah ngobrol dengan petinggi YIMM, dia bilang akan ada facelift untuk scorpio pada 2010 ini. seperti apa bentuknya belum ada bocoran tapi yang pasti mesin gak akan diubah tetep 225 cc, air cooled, carburetor. harapannya sih ada penyesuaian di bodi, lampu belakang sama monoshock…
    sekian infonya, salam kenal aja ya..

    memang bener YBR sudah pake Oil cooler (pendingin oli mesin) tapi untuk mesin masih tetap pakai pendingin udara tidak menggunakan engine liquid cooler.

    • Febrian ASPAL
    • January 25th, 2010

    emg dah waktunya scorpio facelift bidy pk bodi fazer ini jd scorpio fz225 kan keren bgt… harga naek dikit gk papalah asal tetap dibawah 25jt pasti makin laris dah….

  5. Fazer 250 versi Brazil . .. tapi tetep pake mesin 225 . . .itu kayaknya udah lumayan banget
    terus jangan lupa sok belakang di revisi😉

      • adul
      • January 27th, 2010

      Setuju kang, kayaknya ATPM Jepang enggak terlalu bisa diharapkan….

      @ Dian kalo opsinya cuma ganti striping bata merah buat YMKI:mrgreen:

  6. Salam bro semuanya…
    YMKI kayaknya emang tutup kuping tuh! Scorpio emang dijadiin anak tiri. Nggak diurus sama sekali. Padahal performanya sip banget dan harganya murah, tapi gak laku. Kelemahan di bodinya yang kuper. Sudah banyak sekali rekan2 yang memberi masukan kepada YMKI agar lebih memperhatikan Scorpio dengan mengubah bodi dengan yang lebih keren, namun sampai saat ini YMKI hanya sebatas mengganti strippingnya saja tiap tahun. Prihatin akan hal ini….

    • dew
    • March 5th, 2010

    klo yamaha Cerdas. bison ditancepin mesin scorpio aja deh. beli deh 10 biji…

    bijinya doank kaleee………

    • SCORPILOVER
    • March 26th, 2010

    BENER2 DIANAK TIRIKAN SCORPIO OLEH YMKI…
    KAPAN PERUBAHAN DRASTIS DILAKUKAN OLEH YMKI THDP SORPIO YAH..?
    YMKI KAU EGOIS…,KASIHAN SCORPIO…TAK KAU PEDULIKAN…

  7. yah bang… tetep aja klo di jalan tiger kesalip terus…..

    • Komeng
    • April 11th, 2010

    Kalajengking
    ganti aja sama
    Kecoa

    • Komeng
    • April 11th, 2010

    Mesin 5BP 223 cc Scorpio Z lumayan tangguh,
    bnyk bro2 club mtr memilih ini mtr utk bahan dasar modifikasi.
    Utk Mesin 223 cc Yamaha Scorpio Z jelas lbg unggul dibanding mesin 196 cc Honda Tiger.
    Tp ya itu td, Honda di Indonesia Pionir 4TAK.
    Menang nama besar, mesin jadul Tiger dibalut menang body aja udh laku.
    Sbnrnya sngt mudah Scorpio Z mengalahkan Tiger Revo.
    Tp syng pihak YMKI tdk perduli dgn tampilan Scorpio yg standar bngt.

    • King Kong
    • April 11th, 2010

    Yah, ngomong doang sebakul!
    Yamaha, Yahonda, Yasuzuki sama aja!
    Ngeluarin sport 250 cuma mimpi!
    Memdingan
    Kawasaki yg brani dgn
    Ninja 250 nya,
    Walaupun Built up n harga mahal tp laku jg kan!
    Hidup
    K*****aki *inja 250.

      • Kodok Ijo
      • August 25th, 2010

      Setuju banget tuh!
      Hidup genk ijo!
      Bravo!
      Salute!

    • Tiger
    • April 11th, 2010

    Kawasaki???
    Oke lah buat opsi ke seribu.
    Dimotogp aja
    Kawasaki bangkrut,
    Disini mau gaya2an
    Ninja 250.

  8. body emang jadul,tapi mesin handal ni scorpio…g ad matinya…kalo cm tiger yg sekelas..mah lewaaaat…kalo sama kwk 250 ud lain kelas bro,jangan disamain..beda spek,beda segala2nya…..

  9. semoga di 2010 ini masa kejayaanmu bisa kamu rebut kembali..

    • jon
    • May 20th, 2010

    Scorpio gak ada yg ngalahin di jln kecuali ma Ninja 250, klo ma Tiger sih jauuuuh, justru penampilan Scorpio yg klasik itu aku suka istilahnya Neo-klasik, klo vixion cuma keren bajunya tp cuma 150cc. Hidup Scorpio……..

    • saya setuju sama u bro…
      klo tampilan kan gampang, yang susah ntu cari mesin yang berkekuatan kayak si kalajengking nih sulit !!!

  10. menurut gue sih kalo punya si kalajengking tinggal di modif aje, kan mudah
    klo tampilanya dah di modif pasti keren, klo mesin sih standar aje dah bisa ngelibas tiger, FU, palagi vixion….

    gampang kan !!!

    • biliy
    • May 31st, 2010

    gue punya pio.. jalan babel – jogja – tuban udah 12 kali bolak balek.. ampek sekaran ndak ada masalah tu pio gue… emang handal tu motor… urusan monoshok sudah diberesin tingal linkkage di tinggiin udah selesai…

    • Fagins
    • June 24th, 2010

    Wah ramenya….🙂
    Aye mah idem ma semua….
    Moga aja dikabulin ma Ymki…. Hehe.

  11. scorpy g,jadul juga……,banyak temenku minat banget ma scorpio….,dah hampir 10 temenku pengen minang scorpio….,pa lagi punyaku dah ada sedikit performa racing ky, kabu,CDI,coil velk,ban n suspinsi….,motor mereka lewat semua….,hampir imbang ma *inja 250 tinggal obok2 mesin aja *inja 250 pasti jg lewat….

    • hendri
    • July 3rd, 2010

    ..namun ku terlanjur mencintai scorpio,,terlambat bagiku..pergi darinya..(ungu-dilema cinta)..gw sbagai rider scorpio prihatin juga sich abis baca ni brita..kalo bukan scorpio siapa lagi coba yang jadi kompetitornya tiger untuk kelas CC 200an?..hmmm…(-_-)”

    • sam
    • July 26th, 2010

    body gag masalah..bisa di modifikasi..yang penting mesin bro…tangguh..itu yang di cari…scorpio muncul dari awal..dan sampai sekarang msih axis..malah tambah peminat

    • antox
    • July 28th, 2010

    wah gan lu asal ngomong tanpa ada fakta,,,
    lihat di showroom motor bekas sekarang banyakan motor tiger atau scorpio z
    tiger mesinnya cepat rusak,punya teman aku baru 3 bulan sudah bongkar mesin,,,scorpio z gw 3 tahun blm apa2,,,coba kl di ajak balap ngebutan mana tiger sama scorpio???
    ti t4 gw mlh bnyk yg pake scorpio drpd tiger
    marketnya beda2 gan di setiap wilayah jgn di samain smw

    • malikha
    • August 14th, 2010

    jangankan cuman tiger, ninja 250cc ja dilalap ma sikalajengking ,,,tapi bner bajunya saja ya

    • Kodok Ijo
    • August 25th, 2010

    Paling mantap kalo dipakein baju FZ-S yg half fairing seperti yg udah diluncurin di India, atau paling gak ya baju Fazer 250 juga boleh lah. Dari dulu mau beli gak jadi2 karena gak demen ama disainnya. Mesin sih udah ok banget dah, pantas kalo diposisikan utk pengganti RX-King.
    Saking keselnya ama YMKI saya berencana kalo seandainya Probike atau IU lain ada yg masukin Fazer 250 atau FZ-S, saya akan beli dan saya bawa puter2 di depan kantor YMKI tiap hari biar pada muak dan keimpi2 kalo tidur😉

    • asep rahman
    • August 29th, 2010

    benar u all benar bro, ane punya pio di awal 2009, tdinya pertimbangan mau ke tiger tuh… tp akhirnya kecantol ama si pio merah marun. cm mslhnya buritannya aja kurang nungging. gmnpun i love the pio…..”

    • asep rahman
    • August 29th, 2010

    ga di iklanin gede2 an di media jg dah banyak yg pake scorpi, apalagi di modif bodinya, iklanin kaya adiknya si vixion, pasti lebih banyak yg kecantol, moga jd pertimbangan YMKI!

    • dempo malang
    • September 5th, 2010

    kapan keluarnya bos jadi keluar gak ato hanya omong tok

    • budi
    • September 16th, 2010

    Mohon kreativitas pihak YMKI buat mempercantik scorpio. sekedar informasi, saya punya scorpio orange 2006 sekedar buat koleksi. Dulu pilihan saya cuma dua, tiger dan scorpio, akhirnya saya pilih scorpio dengan alasan mesin scorpio lebih bagus dr tiger serta harga scorpio yang lebih bersahabat dan RASIONAL dibanding tiger. Seandainya scorpio bentuk fisiknya dipercantik dan lebih futuristik dijamin, pasti para pemilik tiger akan berpaling ke scorpio. Dijamiiin.

    • agung
    • September 19th, 2010

    sampai saat ini masih saya tunggu kapan harga scorpio bisa di kisaran 5 jt, sekedar jajal motor diatas 200cc, karena pernah punya tiger 2005 tetapi kurang nyaman di kopling.tetapi ga tau konsumsi BBMnya kebih efisien yang mana?

    • aan
    • September 19th, 2010

    ak tetap sayng ma kalajengking q, aq g mau tau YMKI yg msh me ank tirikn scorpio z q. yg pentng siapa lewat q kejr sampek dapt….Brung…..Brung….Brung….Werwerwerwer@#* NO.1

    • bb
    • September 24th, 2010

    boros gak boy scorpio tuh? dibandingkan dgn mx

    • pio
    • September 26th, 2010

    se7 bos…!! gw juga pake red pio 2003, urusan mesin mah TOP..!!! kalo pas turing di pantura….didepan semuanya pasti scorpio…tiger mohon maaf ya…!!!(kami club bikers jadi kumpulan riders dg segala macam merk motor)
    padahal…mesin standar abis…!!
    soal ambles…dah potong connecting road sekitar 2cm..aman…sesuai ama tinggi yg cuma 165cm….hehe..
    kiprok ambil punya tiger (jadi kalo kontak on…headlamp bisa langsung nyala)…
    kalo berubahnya drastis…mo ambil juga pio baru….yg lama mah (byk mekanik bilang, pio tangki kotak mesinnya asli jepun.!!) tetep di piara…!!!

    MANTAP BRRROOOOO…….!!!!!!!!!!

    • lanang
    • October 9th, 2010

    ???????////// Gak Usah Crita Mesin CC besar bos….
    Menangnya dijln lurus doang. Tiba dibelok** aspal rusak. wah,,,,,, bebek yang menang bro. Tp….. yang penting nyali ja lah. kreta besar klo dijln padat gak brani lari 100 lebih tuk apa.

    Line gue Aceh Medan Bro. Tp tiap gue dah motong tu tiger,scorpio,F150 weleh….. gak nongol** tu diblakang.
    motor gue cm 110 cc nya.

    • pio
    • October 17th, 2010

    lanang :
    ???????////// Gak Usah Crita Mesin CC besar bos….
    Menangnya dijln lurus doang. Tiba dibelok** aspal rusak. wah,,,,,, bebek yang menang bro. Tp….. yang penting nyali ja lah. kreta besar klo dijln padat gak brani lari 100 lebih tuk apa.
    Line gue Aceh Medan Bro. Tp tiap gue dah motong tu tiger,scorpio,F150 weleh….. gak nongol** tu diblakang.
    motor gue cm 110 cc nya.

    kagak usah cerita jalan rusak…di Indonesia mah smua rusak…kl omong rusak…motor lu juga bisa dikalahin sama orang jalan kaki…..wakakakakak

  12. biar jadul tapi gue emang dari dulu suka ama scorpio bro..suara mesinx itu lho mantap kalah ama yg lain..

    • Aank wijaya
    • December 1st, 2010

    aku ga tau…
    skarang ajha si scorpio udagh ga kliatan!!!
    udagh pulang mungkin ga ikut kelasnya paj dosen sport..
    (korban kampus)..

    • gilang
    • December 21st, 2010

    yamaha slalu terdepan !!!

    • Joe
    • December 29th, 2010

    Scorpio face lift produk gagal!

    • Adnin
    • March 21st, 2011

    Scorpio Mantap pokoknya

    • jojee
    • July 13th, 2011

    Apa ka bisa beli parts YBR 250 CC untuk modifikasi Yamaha Scorpio 225 CC???

    • wawan
    • September 15th, 2011

    yg ska mandang bodi doang brarti skanya ama bencong.laki laki kok bodinya semok tiger<megapro<ihhhh zizik

    • chrizz
    • March 26th, 2012

    honda mahh cma fokus body ajj
    performa mesin g d peduliin …

    kalo orng ny suka racing type pasti pilih YMKI …
    d tmpat gw … Motor honda geber .. motor yahmaha lewat ..
    honda ny langsung ciut tuhhh

  13. jangan jual dan jangan beli scorpio z lagi please……….

    • Yusuf
    • August 21st, 2015

    Saya yakin kalau YMKI mau merubah penampilan dari si kalajengkling ini,dengan yang sudah di utarakan teman”,pasti peminatnya akan bertambah,kalau soal mesin sudah mantab,jd biarkan saja.
    Scorpio Z cuma butuh polesan sedikit di bagian penampilan saja.

  14. dahsyat benar scorpio z, tiap hari kalahin mobil ngebut yang lagi kecepatan tinggi. kalo rx king, satria f, tiger200, cbr250, n250, ninja r, ninja rr, dan lain-lain cuma bisa diludahin oleh scorpio z. setuju kalo ada yang bilang jangan jual scorpio z dan jangan beli scorpio z lagi. biar gak pasaran dan gak banyak saingan !!

  1. January 4th, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: