Kawasaki ZX-6R Langkah Lanjut Kiprah KMI


Beberapa narablog roda dua dan media otomotif online mengabarkan KMI akan memasukkan Kawasaki Ninja ZX-6R ke pasar Indonesia, pure sport bike 600 cc. Kabar ini datang dari sumber primer KMI, sebagaimana dulu juga kabar akan dimasukkannya ER-6N dan ZZR. Namun dari kabar ke kabar belum terlihat tanda-tanda realisasi diantara ketiga moge 600 cc Kawasaki itu meski penampakan ZX-6R saat peluncuran Kawasaki Edge disebut sebagai soft launching.

Alasan utama mengapa ketiga motor 600 cc tersebut belum dilempar ke pasar adalah belum adanya kepastian mengenai ketetapan perubahan PPnBM sehingga ditemukan kesulitan dalam penyusunan harga moge-moge Kawasaki tersebut. Pemerintah mestinya tidak perlu menaikkan PPnBM untuk motor besar bahkan lebih patut lagi pemerintah mengubah batasan motor besar dalam aturan PPnBM, hingga biaya race satu tim balap bisa dipangkas dengan semakin ekonomisnya harga sepeda motor yang digunakan. Kalau biaya balap makin ringan hasilnya akan semakin banyak tim balap bermunculan, semakin banyak bibit – bibit atlet balap bermunculan, semakin besar peluang Indonesia tampil sebagai kampiun di ajang balap internasional (harrre geneee pajak menghalangi prestasi, apa kata dunia ??? ).

Di sisi lain KMI sepertinya tengah meretas jalan untuk menjadi pabrikan yang tidak sekedar menjual motor, tetapi juga ikut mengambil peran sebagai ATPM yang bertanggungjawab mengembangkan prestasi dunia balap motor Indonesia. Dari bro Stephen Langitan diperoleh kabar bahwa tahun ini KMI akan menggelar beberapa kelas balap OMR (one make race) mulai dari underbone 110 cc standar, underbone 125 ccc standar sport 250 cc 4-tak tune up open,  sport 150 cc 2-tak standar, sport 150 cc 2-tak tune up open, dan supermoto 250 cc standar pemula.

Bila benar KMI mewujudkan niatnya memasukan ZX-6R ke Indonesia, ini adalah langkah lanjutan yang dilakukan KMI dalam perannya mengembangkan dunia balap Indonesia. ZX-6R menjadi andalan Kawasaki mencapai podium pabrikan ke-3 di WSS.  Tercatat tiga pembalap yang menggunakan ZX 6-R, Joan Lascorz (Spanyol, Kawasaki motocard.com), Katsuaki Fujiwara (Jepang, Kawasaki motocard.com) dan Fabien Foret (Portugal, Lorenzini by Leoni). Cukup dengan tiga pembalap dan ZX-6R kawasaki dapat merebut podium ke-3, bandingkan dengan Honda yang mengandalkan 12 pembalap, artinya kawasaki ZX-6R adalah supersport yang tangguh dan dapat diandalkan untuk meraih prestasi.

KMI juga sebaiknya juga menyelenggarakan  OMR supersport 600 cc saat ZX-6R  benar-benar didatangkan atau diproduksi di Indonesia. OMR supersport 600 cc perlu bagi KMI sebagai ajang pembibitan pembalap yang dapat direkrut sebagai pembalap tim KMI di ajang balap Kejurnas Supersport maupun FIM Asia GP. Bila ini yang dilakukan maka terjawab sudah pertanyaan IMI mengenai peran ATPM dalam pengembangan olahraga balap sepeda motor di kelas supersport khususnya oleh KMI, truzzz bagaimana ATPM lain ? mana suaramu ?

  1. pertamaxx kah bahan bakarnya???

    • aditya
    • February 3rd, 2010

    sip kbrnya….tp dgn harga yg menjulang pa produk tsb akan laku?

    • anak9
    • February 3rd, 2010

    bahan bakar petromak aja deh..,…. muahal tenan pastinya…

  2. Bensin eceran saja

    wah kawasaki naiklah pamormu, maka kelas bebekmu juga akan ikut terangkat

    kok dimana2 commentku spam, disini spam gak

    link-nya dibatasi satu supaya tidak dikenali sebagai spam😀

    • kentaro ケンタロ
    • February 4th, 2010

    Kalopun menjulang,pzt ttp ada aj yg beli
    Tp mgkn beli cm bwt balap c..
    ZX-6R powerx plg gd diantara SS jpang laenx
    Tp ga paling lincah

    • wawan
    • February 9th, 2010

    wah ngeri juga…. harganya di amrik aja ga sampe $10rb kalo di indo malah 2x lipat… gw baca http://oto.detik.com/readfoto/2010/02/05/151647/1293902/647/1/ harga di indo 220-230rts jt. geblek mahal amat!! Njink pemerintah dan polisi menjajah negara sendiri… mending gw pake motor bebek seumur hidup dari pada duitnya buat ngisi kantong pejabat… harga di amrik $10rb sekitar 100jt ke bawah padahal jauh dari jepang ke amrik dari pada jepang ke indonesia.. lumayan kan sisanya bisa buat modif dapet tuh knalpot “two brother” ato yang laen2 sesuai selera… INDONESIA GOVERMENT IS SUCK!!!

    • cristian nanda imannuel
    • May 2nd, 2010

    jangan mahal2 klo pgn cpt lkux

    • Saga Kiyoshi
    • May 11th, 2010

    Wew, perpajakan memang payah ya.. wkwkwk..
    Ditunggu, pokoknya gw harus dapet satu.. love you kawaks.. punya little ninja want middle ninja.. hehehe.. (ngarep mode : on)

    • januar
    • July 7th, 2010

    besok beli ah

    • shandy
    • July 31st, 2010

    Pajak = Gayus, loe semua dibohongi mah tuh orang2… Grr…..!@3#..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: