Yamaha Super Tenerre Memang Super


Setiap melihat pic sepedamotor adventure ada kesan tersendiri dibandingkan dengan melihat jenis sepedamotor lain. Jenis sepedamotor yang Adul Butuhkan dan inginkan tapi sampai sekarang belum terwujudkan. Belum satupun Adul miliki, Yamaha sudah meluncurkan sebuah adventure bike yang bertajuk Super Tenerre. Pertama kali di pamerkan ke publik dalam bentuk siap pasar di Turkish Motor Show 3 Maret lalu.

Bermesin paralel twin 1199 cc, 108 bhp, dengan torsi 84 ft lb. Beratnya yang 261 Kg sama peris dengan berat BMW R 1200 GS tapi dengan power yang lebih besar (GS cuma 103,25 Hp) menjadikan Super Tenerre sebagai penantang yang lebih superior dibandingkan dengan BMW R 1200 GS.

Super Tenerre Menjadi generasi penerus Yamaha Tenerre yang lebih dulu berkecimpung di rally paling ganas, Dakar Rally. Akankah Super Tenerre mampu menghapuskan dominasi KTM ? Waktu saja yang bisa menjawabnya.

Yamaha XT1200Z Super Ténéré Specifications

ENGINE
Type:   Liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, inline 2-cylinder, 4-valve, fuel injected, twin spark engine
Displacement:   1199cc
Bore x stroke:  98 x 79.5 mm
Compression ratio: 11.0:1
Firing intervals:  270- and 450-degree points
Max. Power:  80.9kW (110PS) @7,250rpm
Max. Torque:  114.1 Nm (11.6kgf・m) @6,000 rpm
Lubrication system: Dry sump
Fuel supply system: Fuel Injection
Clutch type:  Wet, multiple-disc diaphragm spring
Ignition system:  Twin spark
Starter system:  Electric
Transmission system: Constant mesh, 6-speed
Final transmission: Shaft
Throttle system:  Yamaha Chip-Controlled Throttle (YCC-T)
Yamaha D-MODE: 2 modes, Sport (S) and Touring (T)
Traction control:  3 modes, TCS1, TCS2 and OFF
Exhaust System:  2-into-1

CHASSIS
Frame:   Steel tube backbone
Front suspension: Upside-down telescopic fork, 43 mm inner tube, adjustable preload, compression and rebound damping
Front wheel travel: 190 mm
Rear suspension:  Monoshock, adjustable preload and rebound damping
Rear wheel travel: 190 mm
Front brake:  Hydraulic Twin 310 mm wave discs, ABS/Unified Brake System
Rear brake:  Hydraulic Single 282 mm wave disc
Front tyre:  110/80/19
Rear tyre:  150/70/17

DIMENSIONS
Overall length:  2,250 mm
Overall width:  980 mm
Overall height:  1,410 mm
Seat height:  Adjustable 845-870 mm
Wheelbase:  1,540 mm
Min. ground clearance: 205 mm
Wet weight:  261 kg (includes full oil and fuel tank):
Fuel capacity:  23 litres
Oil capacity:  4.2 litres

Sumber : motorcyclenews.com

    • Fagins
    • March 10th, 2010

    Di mana2 blog , , , tenere dibahas dgn penuh apresiatif . . . Emang tobb bener neh motor . . . Pake PERTAMA X plus neh pastinya .. .

    • Icaq’s
    • March 10th, 2010

    Sama kang Adul, tiap x bloger bahas ni motor gak bosen2nya ngliatin gambar motor ini. Scorpio dimodif kyk gini bisa gak kang?

      • nunoe
      • March 11th, 2010

      hahaha…
      ane juag mikir yg sama..
      nanti jadi mini tenere😛

      • adul
      • March 11th, 2010

      Bisa bro… butuh modal banyak buat beli Hard side box yang 10jutaan, kalo firing dan windsield mungkin rumah modifikasi lokal bisa buat😀

    • daddynaeva
    • March 10th, 2010

    seksi nih motor …. like this😀

    • alice pngen …..
    • March 11th, 2010

    wew

  1. busyet…keren *ngiler

    • Stevan
    • March 12th, 2010

    Wah, BMW R 1200 GS punya pesaing baru nih..
    Btw motor2 model gini cocok dgn kondisi jalan di Indonesia😀

  2. Mantaf..

  3. wah ternyata dibahas juga tuh disini….
    seep…motor idaman ku memang

      • adul
      • March 25th, 2010

      pesen pupuk untuk bawang ku masih ada enggak?:mrgreen:

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: