Wajah Baru Si Mega


Motoradul 01 a.k.a  megapro tahun 2005  yang Adul miliki ini sudah memasuki tahun ke lima. Sudah cukup panjang jalan yang ditempuh bersamanya meski tidak tercatat lengkap karena pada bulan ke delapan tahun pertama gear speedometernya sudah tidak berfungsi. Tujuh puluh persen lebih jalan yang dilalui Motoradul 01 ini berupa trek tanah merah, berdebu saat kering dan melumpur waktu hujan. Urusan jatuh pernah Adul alami beberapa kali saat awal mengendarai Motoradul 01 ini. Kejadian terparah saat offroad di kebon tebu menyebabkan bengkoknya stang kemudi. Pernah juga di jalan raya awal puasa dua tahun lalu diseruduk ‘bebek’ yang nyelonong dari sebelah kiri, behel footstep bengkok, tuas perseneleng terlipat, Adul sendiri terlempar dari sepedamotor.

Penggunaan sporttouring di medan offroad sudah pasti berpengaruh pada semakin cepatnya proses keausan part. Mulai dari gear set yang sudah berganti sebanyak enam kali, shaft dan seal shockbreaker sudah berganti tiga kali, rantai keteng empat kali diganti, otomatis starter dan aki juga empat kali, ban depan juga empat kali, ban belakang enam kali, break pad depan enam kali, kanvas rem balakang empat kali, ring piston sekali, kanvas kopling juga sekali. Boroz khan?

Sebagaimana kuda besi bro biker semua, motoradul 01 juga sudah mengalami sentuhan personalisasi. Mulai dari pemasangan windsield, handguard, engineguard, sidebox, penggantian rear shockbreaker, hingga ubahan pada velg dan perangkat pengereman. Winsield yang sekarang terpasang adalah yang ketiga, wiendsield pertama berbentuk kecil mirip produknya givi, windsield kedua fiberglass bening seperti yang terlihat di avatarnya Adul. Pemasangan windsield ini bukan sekedar buat merubah tampilan, tapi karena alasan yang benar – benar fungsional untuk menghindari terpaan angin berdebu.

Ubahan yang paling mencolok pada motoradul 01 ini adalah pemasangan velg cw palang tiga eks Honda Tiger 2010. Velg scondhand berumur seminggu ini milik Bro Imam pemilik toko sparepart dan bengkel Tunas Jaya di tanah kelahiran Adul yang sedang asyik memodifikasi Tigernya menjadi seperti varian CB. Memang sudah saatnya Motoradul 01 mendapatkan ban, velg, kanvas rem, dan teromol belakang baru. Saat Adul bertandang ke bengkelnya Bro Imam menawarkan velgnya untuk dipasang di Motoradul 01.

Velg pun dipasang, sayangnya letak lubang mur front discbrake yang lama tidak cocok sehingga diganti dengan discbrake lebar. Rem belakang juga berubah menjadi discbrake single piston mengikuti standart velg yang dipasang. Ubahan seperlunya pada pedal rem dilakukan menyesuaikan perubahan sistem pengeraman belakang. Reservoir oli diletakkan di sela antara sasis tengah dengan saringan udara. Tidak ada masalah pada pemasangan master remnya.

Pemasangan sidebox meningkatkan beban dibagian belakang. shockbreaker standar kurang mumpuni mengatasinya sehingga Adul memilih menggantinya dengan shockbreaker YSS Thailand yang berlengan lebih panjang dengan pengaturan kelenturan lebih leluasa.

Info terakhir Bro Imam menawarkan bodyset komplit Tigernya supaya dipasang di motoradul 01. Gimana bro pasang kagak?

  1. kalo gratis, hajar saza…😛

      • adul
      • April 19th, 2010

      ada maharnya bro… tapi nilainya yang sangat menghargai persahabatan😀

  2. wah pakai body tiger….pasang aja bro…keren pastinya…kaki udah gde dan keren….msok body masih cungkring??….xixiixixixi😀

      • adul
      • April 20th, 2010

      xixixi si cungkring dari kebon tebu

    • Tiyo 2008
    • April 19th, 2010

    Salam kenal bro adul, pasang aja bang, nanti klo dah jd pastinya lebih keren dari sekarang, toh tinggal pnyesuaian dudukan bodi aja,

      • adul
      • April 20th, 2010

      Thank’s kunjungannya, rencananya pekan ini mau dipasang😀

  3. saya dulu pas punya mega pro jg pernah ganti tromol tiger + pelek almu. cakram aslinya bisa dipasanfg kok mas. beli dudukan cakramnya aja..

    • Hendra
    • May 20th, 2010

    ai brow….!!
    Q pengen majukan armNYA mega pro enaknya gimananya???
    pa dimajukan pakek orsiNYA aja pa diganti arm yang lain???
    truz kalau diganti enaknya beli armNYA apa??
    biar gak gonyang kalau dipakek jalan…

    mohon bantuanNYA ya…?????

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: