Alternatif Facelift Honda CS 1


Salam Jumpa … !

setelah beberapa hari istirahat nge-blog karena kesibukan silaturahmi Syawal, cukup terkejut juga membaca informasi di beberapa blog bahwa Honda CS 1 mengalami nol distribusi. Ada apa dengan do’i ? Desain CS 1 memang unik sekaligus nanggung. bebek bukan, ayam jago bukan, sport juga bukan … semoga CS 1 bukan yang bukan – bukanšŸ˜€

Honda CS1 berbasis ayam jago Thailand Honda Sonic… insinyur Honda mendesain ulang bodinya. Jadilah bentuk seperti ini …

Berwajah Varadero, siluet sport, badan bebekšŸ˜€ alih – alih ingin mengakomodasi semua keinginan ternyata desain serba nanggung ini justru menampilkan kesan ‘wagu’ …

Honda CS 1 dibekali mesin yang baik : tipe mesinĀ  4 langkah OHC, sistem pendinginan menggunakan radiator dengan kipas elektrik satu – satunya sepedamotor Honda Indonesia yang seperti ini-, diameter x langkah : 58 x 47,2 mm, volume langkah 124,7 cc, daya maksimum 9,44 kW / 10.000 rpm, torsi maksimum 10,2 N.m / 7.500 rpm,Ā  kopling manual, multiplate wet clutch,Ā  gigi transmisi 5 kecepatan,Ā  dengan pola pengoperan gigi sport tulenĀ  1-N-2-3-4-5,Ā  starterĀ  electrik & kick starter, sistem pengapian menggunakan DC – CDI.

Sebenarnya ada beberapa alternatif facelift yang dapat dilakukan AHM demi menyelamatkan line-up CS 1. Berikut pilihannya :

1. Kembalikan Ke Bentuk Asalnya

Honda Sonic di negeri asalnya menjadi ayam jago tangguh dan mulai melegenda. Tahun 2000 – an beberapa IU memasukkan Sonic ke Indonesia. Kenangan trend ayam jago Thailand dapat dimanfaatkan dengan mengembalikan CS 1 ke bentuk asalnya.

Untuk pilihan ini tak banyak yang harus dilakukan AHM. Cukup membuat ulang moulding body, merancang iklan yang ok, menyediakan part body untuk pemilik CS 1 yang ingin melakukan facelift mandiri. Dengan pilihan ini sekaligus menepis kekawatiran pemilik CS 1 akan ketersediaan sparepart.

2. Facelift Menjadi CBF 125

AHM dapat meracik CBF 125 rasa Indonesia. Berbasis mesin dan sasis CS 1 yang dibentuk ulang, body CBF stunner 125, swing arm dan suspensi belakang NMP … sedaaaap ! Dengan pilihan ini AHM mempertahankan line-up yang segmented di kelas 125 cc karena tidak semua orang juga menyukai model half fairing meski kansnya lebih besar dibandingkan bentuk ‘wagu’ CS 1. Sekaligus AHM memperlebar spektrum sportbike-nya.

3. Facelift Ala Varadero XL 125 V

Saat CS 1 dirilis banyak yang berkomentar model head lampnya memiliki garis desain yang serupa dengan Varadero.

Facelift ala Varadero adalah pilihan yang cukup berat. Lebih banyak penyesuaian yang harus dilakukan termasuk pertimbangan apakah mesin CS 1 cocok untuk tipe allrounder, sekaligus pertimbangan apakah model allrounder cocok untuk berkomuter sebagaimana peruntukan awal CS 1.

Selebihnya terserah AHM …šŸ˜€

    • Marwoto oto
    • September 16th, 2010

    Pertamax..
    Opsi kedua lebih masuk akal,tp lbh baik lg facelift jd cbr125.

      • adul
      • September 16th, 2010

      CBR … 150 ajašŸ˜€

    • daris
    • September 16th, 2010

    atau jadi cbr125

  1. atau…tetep seperti sekarang, dipermak, tanki taruh depan

      • adul
      • September 16th, 2010

      pakai tanki NMP?

    • snalpot99
    • September 16th, 2010

    harapannya tetap, bila facelift bisa di aplikasikan ke yg lama.. Sediakan juga paket bore up kit DOHC dngn harga miringšŸ˜€

    • f41z
    • September 16th, 2010

    sport cc kecil dah ga jaman.nanggung bgt. mending balik model ke sonic aja

    • Asphalthadi
    • September 16th, 2010

    @ Mr. Snalpot99
    betul… betul…. betuullllll…….

  2. opsi terakhir kayaknya break trough juga tuh. Kalo berani tampil dengan konsep nyleneh macam CS1, kenapa nggak berani sekalian main gaya Enduro ya?

  3. No hiji wae bro..

    • gue Dul Jonni
    • September 16th, 2010

    balik ke sonic aja dach…

  4. gak tertarik…
    mending di jadiin CBR125R aja!!

    salam,
    One HEART

  5. jadiin ducati multistrada sekalian:mrgreen:

  6. hmmmmmm……………
    bisa juga tuch bro……

    • Legenda Rider
    • September 18th, 2010

    Menurut ane lampu depannya aja yang diganti model cbf 1225 dah maknyos tuh cs 1. tp dengan perubahan bagasi dan bensin seperti atlete tentunya. lgpula model ayago kurang lincah di kemacetan walau lebih stabil.

  7. Bagusan ayam jago ajah…

    Yang lagi nyari inspirasi modif Honda Beat masuk dimari…
    http://cbr250r.wordpress.com/2010/09/18/variasi-modif-honda-beat-kamu/

    • Kodok_Jambanz
    • September 24th, 2010

    bunuh cs1 jadiin CBR

    • abenk
    • September 25th, 2010

    1. balik ke sonic aja, tp lampu depan di perbarui
    2. di bikin sport sekalian… jadi mini CBR, tinggal disain tangki + fairing depan

    • cah cilik melu melu
    • September 30th, 2010

    MaskurĀ® :
    atauā€¦tetep seperti sekarang, dipermak, tanki taruh depan

    kalo bener ambil satu ane bro..
    daleman body bikin bagasi aja,macam athlete..
    tempo hari dah ngelus2 athlete..
    mantap, cuman ga sreg ma mesinnya yang masih tidur ma sistem oper giginya yang kayak bebek..

    • speedyholicc
    • February 18th, 2011

    stop cs1 “biar jadi buruan kolektor aja” & BURUAN CBR ckd-nya…line cs1 di AHM untuk CBR. HONDA CUB cukup sampai HSX125 aja.. Ato bikin aja underbone 150cc pake mesin CBR.. pasti mak nyoooss underbone 20Horse power, jadi inget dahsyatnya Nova dash 125′ 23Hp.. ayooooooo yg stuja agkat tangan……………

    • atip R
    • January 1st, 2012

    ala ayam jago ja…tambahin ccnya jd 150..jadiny CR1-150

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: