Unicam memang Unic[k] !


Beberapa hari ini pembahasan unicam kembali marak ditengah kontroversi rencana Honda internasional memasang mesin CRF pada All New CBR 250R. Kali ini Adul juga ingin menilik keunikan unicam.

Unicam pertama kali diaplikasikan di CRF 450R 2002, offroad bike. Sejauh ini unicam juga dipakai di CRF 250, CRF 450, dan VFR 1200F.

Unicam, tapi bukan single overhead camshaft, juga bukan double overhead camshaft. Unicam adalah dual camshaft, tapi tidak juga disebut dualcam. Singkatnya Unicam adalah single overhead camshaft yang dilengkapi dua rocker arm, Unik khan …😀. Ini gambarnya …

Unicam sejatinya satu cam diatas klep intake yang juga menggerakkan rocker arm … lengan pemukul klep exhaust. Mengapa tidak cukup dengan double cam yang secara paralel menggerakkan masing – masing dua klep ? double camshaft juga berarti dobel tenaga yang dibutuhkan untuk membuatnya bekerja … pemborosan bagi mesin kecil, begitu pikir mekanik insinyur Honda. lalu munculah pikiran bagaimana agar sebuah camshaft dapat mengatur kerja dua klep intake dan dua klep exhaust. Jawabannya rocker arm yang bekerja memanfaatkan momentum pergerakan camshaft tunggal multi profil. Rocker arm dibuat dari titanium, bahan yang biasa dipakai untuk meningkatkan feforma karena sifatnya yang ringan dan kuat. Hasilnya mesin bisa dipacu sampai pada putaran yang bisa dicapai pada mesin DOHC … 13000 RPM, momentum pembakaran satu ke yang berikutnya bisa dipersingkat … bore lebih besar dari stroke kompresi melimpah hingga 13 :1. CRF 250 bermesin kecil silinder tunggal tapi punya segudang kelebihan : RPM tinggi, kompresi tinggi, torsi melimpah, keluaran tenaga dahsyat hingga 41 hp.

Alasan kuat yang pernah Adul ungkap mengapa honda memilih basis mesin 250 cc Unicam silinder tunggal untuk All New CBR 250R :

Jelas sudah The Next CBR 250 RR dipersiapkan untuk melibas kompetitornya, bermesin ringkas dan ringan dengan power diatas rata – rata sepeda motor seperempat liter tentu akan menghasilkan power to wheight ratio yang lebih besar. Prinsipal Honda nampaknya ingin memperluas pasar CBR 250 RR dengan memasangkan mesin satu silinder yang lebih ekonomis pada  desain yang secara keseluruhan segaris dengan Honda CBR 1000 RR Fireblade VFR 1200F.

 

    • Pajul
    • October 21st, 2010

    Pertamax racing

      • adul
      • October 21st, 2010

      belum dijual om …

  1. keduax
    ooo begitu yah

      • adul
      • October 21st, 2010

      begitulah … *sambil milih sego kucing*

  2. Nice info gan🙂

      • adul
      • October 21st, 2010

      thank’s atas kunjungannya bro😀

    • bodats
    • October 21st, 2010

    keempatax!!!
    *blogger kelas nasi uduk*

      • adul
      • October 21st, 2010

      nasi uduk gurih rasanya hahai

    • Shark
    • October 21st, 2010

    siiip…!

      • adul
      • October 21st, 2010

      thank’s kedatangannya
      *satu – satunya avatar hewan laut*

    • cratanx
    • October 21st, 2010

    jadi unicam itu satu camshaft menggerakkan 4 klep ya, hmm.. secara prinsip jadi mirip sama LC4V punya jupi mx donk cmiiw..

      • Anto
      • October 21st, 2010

      Betul…justru Ymh yang mengikuti desain ini…Bedanya, terletak di metalurgi yang di gunakan, that’s why mesin milik Jupi or Mx blm setinggi CRF Rpmnya serta Ymh kan baru saja mengembangkan mesin jenis ini. Honda sdh duluan.

  3. Kalau Yayukcam itu opo mas Adul?:mrgreen:

      • adul
      • October 21st, 2010

      Kalau enggak salah adiknya yayuk sentul xixixix … asli Wonosobo ;mrgreen:

  4. Ga ngerti permesinan pak.
    *padahal lulusan STM😯

      • adul
      • October 21st, 2010

      STM bangunan ?

  5. emang unik tuh unicam
    aplg bs downdraught n busi di tengah

    • Red Bikerz
    • October 22nd, 2010

    jadi, biarpun sama-sama satu silinder, tapi teknologinya udah beda jauh ya? sama tiger..

    ckckck keren..

    • destroyer
    • October 23rd, 2010

    bedah juga dong 4 valve nya Pulsar 135 LS..

      • adul
      • October 23rd, 2010

      sabar ya … belum nemu refference yang komprehensif

    • yoki
    • October 24th, 2010

    lha trus bedanya ma vixion/mx dimana selain beda pada jumlah tonjolan kemnya

    • emily
    • October 25th, 2010

    waduh,,ngeri ni motor,,klo bener2 terealisasi

    • Farid21
    • October 26th, 2010

    Well,honda maju banget,moga bisa terjangkau harga neh

    • narindra
    • November 25th, 2010

    Gak ngerti mesin

  6. yamhooo semakin pasrah,hahaha
    go honda n kawasaki !!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: