Lebih lanjut Tentang Unicam


Terinspirasi komen bro Kentas – Mekanik KOBOYS – mari kita bahas lebih lanjut … Unicam bukan sembarang SOHC, unicam adalah SOHC dengan segala kelebihan DOHC dengan bonus efisiensi tenaga.

Busi ditengah

DOHC busi ditengah

Unicam businya juga ditengah

 

Umumnya mesin SOHC busi diletakkan dipinggir, rambatan pembakaran dimulai dari tepi ruang bakar satu ke tepi lainnya. Jarak tempuh lebih jauh waktu pembakaran lebih lama. Tapi unicam istimewa, letak busi ditengah, rambatan pembakaran dimulai dari tengah ruang bakar hanya memerlukan setengah durasi pembakaran SOHC biasa dan lebih sempurna.

Peletakan busi ditengah tentu jauh lebih menguntungkan, karena durasi pembakaran lebih singkat tentu jumlah putaran mesin tiap menit lebih banyak. Letak camshaft dan katup SOHC konvensional yang berada ditengah menjadi satu – satunya alasan mengapa busi tidak dapat diletakan ditengah. Contoh bentuk pemaksaan letak titik pemantik ditengah pada mesin SOHC adalah mesin Yamaha Jupiter MX dan Vixion, perhatikan businya miring hampir horizontal😀

Alasan lain mengapa unicam cocok dengan peletakan busi ditengah adalah adanya 4 klep yang memiliki intake charge tumble (bergulung bergulung kebawah) sementara mesin SOHC biasa intake chargenya swirl (bergulung kesamping). Intake charge swirl ini dengan cerdas diatasi dengan twin spark oleh insinyur Bajaj.

Empat klep, sudut klep lebih sempit

Nyok kita perhatikan skema mesin berikut …

Garis vertikal tengah adalah garis pusat imajiner mesin. Garis biru menunjukkan besar sudut klep inlet,  sementara garis oranye menunjukkan besar sudut klep exhaust . Semakin kecil sudut inlet dan exhaust maka semakin kompak ruang bakarnya dan kompresi rasio statis dapat dibuat lebih tinggi. Pembakaran lebih efisien, tuntas, dengan timing pembakaran singkat. Pada mesin SOHC konvensional rocker arm katup inlet dan exhaust tidak bisa terlalu pendek sehingga kedua sudutnya pun sulit diperkecil, sementara sudut klep unicam sangat sempit sehingga ruang bakar sangat kompak.

Downdraft atau downdraught

Sudut klep sempit juga punya kelemahan, sekali lagi perhatikan gambar skema mesin. Garis merah menunjukkan sudut porting, perbandingan sudut antara garis tengah klep inlet dengan garis tengah port inlet. Semakin besar sudut porting tentu semakin basar hambatan pasokan gas … sebaliknya semakin kecil sudut porting maka semakin kecil hambatan pasokan gas a.k.a downdraught intake. Honda berhasi menemukan sudut klep dan sudut porting yang ideal pada mesin unicamnya sehingga dihasilkan downdraught intake … gas meluncur bak air terjun tanpa hambatan.

Kesimpulan

Unicam menjawab semua tantangan SOHC dan DOHC. Cukup satu camsaft dengan segala kelebihan DOHC.

    • thinx
    • October 22nd, 2010

    “dohc bukan segalanya”

    msih ada desmodromic, msih ada sohc4V n 3V…..

    klo gw perhatiin vixion n mx cuman kalah rpm n kompresi d banding cbr…..

    koq nglantur y?

    btw ane Pertamax gan……….

      • adul
      • October 22nd, 2010

      nglantur pigimane maksud lu thonx ? lagian ini bukan sedang membandingkan mx dan vixione ama sibeer …:mrgreen:

  1. Wah begitu yah…………..nambah ilmu lagi nih

    • az147r
    • October 22nd, 2010

    hemm….ternyata walau sohc,tp bukan sohc biasa……..

    • BULETIN
    • October 22nd, 2010

    Kian hari kian tambah ilmunya bila berkunjung ke sini!

  2. Absen ajah

  3. hahahaha…
    DOHC bukan segalanya…:mrgreen:

  4. hanya uang yang segalanya😀

    • thinx
    • October 22nd, 2010

    adul :
    nglantur pigimane maksud lu thonx ? lagian ini bukan sedang membandingkan mx dan vixione ama sibeer …

    maksutny ane yg nglantur gan adul…, coz ngimpiin vixi bsa tembuz mpe 13000rpm, kompresi 1:13, kbayangkan bisa nambah bbrp hp………, hehehe

    lam knal y klo liwat serang-banten kabarin za……..

      • adul
      • October 22nd, 2010

      ok … jadi rada syerem ada jawara Banten yang aktif komen😀

    • cratanx
    • October 22nd, 2010

    pantes busi manusia letaknya juga ditengah xixixiiii…

  5. setuju……. tapi ini copas dari kaskus ya om? bagus cos udah di terjemahin ke bahasa awam …….😀

      • adul
      • October 22nd, 2010

      dari berbagai sumber … minus kaskus malah😀

    • Komengtator
    • October 22nd, 2010

    Kalo mesin Pulsar 135LS yang speknya SOHC 4valves plus DTS-i, bro adul bisa paparkan lebih mendetil juga gak??? Plus dan minusnya… Apakah tetep sama kayak mesin SOHC 4valves biasa macam LC4V nya Yamaha???

      • adul
      • October 23rd, 2010

      hemmmm dicoba ya … sumber info nya berbahasa India rada puyeng😀

    • BULETIN
    • October 23rd, 2010

    9- busi yang tengah milik manusia? Yg mana to? He.he.he…

  6. 9. Kalo Busi di tngah berarti Pak si di???

    • karismanis
    • October 23rd, 2010

    cobak dari dulu honda nerapin ini di bebeknya😀 terutama karisma. hehehe bakalan manteb tuh

  7. yah busi di tengah , bagus si , klo banjir gg kena ?

      • adul
      • October 26th, 2010

      Lebih aman dari letak busi konvensional, mesin vertikal letak busu tepat ditengah silinder head aman dari banjir.

  8. Wah, mirip 2 tak ya.., busi ditengah…
    hehe

      • adul
      • October 26th, 2010

      hehehe iya bro , terimakasih atas kunjungannya.

  1. November 12th, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: