Diatas Seat NMP


Sedang berpusing – pusing ditengah kebun tidak sengaja bertemu seorang mandor yang mengendarai NMP. Memang berdasarkan pengamatan akhir – akhir ini populasi NMP semakin meningkat di lokasi kebun. Selalu bertemu dengan pengendara NMP yang berbeda dari hari ke hari. Uniknya umumnya mereka sebelumnya adalah pengendara old Megapro. GL series memang menjadi salah satu motor andalan di lokasi kebun. Mulai dari GL Max, GL Pro, Megapro, sampai Tiger mendominasi kelas motorsport setelah era dua tak habis. Type sport yang lain proporsi populasinya tidak juga bisa dibilang sedikit namun umumnya tidak digunakan untuk bekerja di kebun. Melihat perkembangan populasi NMP sepertinya NMP akan menjadi andalan berikutnya.

Meski sudah belasan kali bertemu NMP tapi baru kali ini saya berkesempatan duduk diatas seatnya dan mencoba mengendarainya. Kesan pertama posisi berkendara sama persis dengan versi old Megapro dengan view dashboard elegan. Putar kunci ke posisi swich on, tekan tombol engine start … it’s totaly different ! Lima tahun saya mengendarai old Megapro dan menemukan sesuatu yang amat berbeda di NMP. Suara mesin begitu halus dengan getaran yang minim, keluaran suara knalpot bernada rendah dengan bass yang kental sebagai tanda power band terjaga.  Tuas kopling ditarik, masuk gear satu, saat jemari kanan memutar trottle gas dan perlahan melepas tuas kopling NMP tak menunjukkan gejala lamban. Sayang kondisi jalan tanah becek sehabis hujan semalam sehingga eksplorasi mesin tidak optimal. Saya membuka trottle gas hingga rpm mesin menunjuk angka 7000 pada gear 2, NMP yang saya tunggangi melaju hingga 55 km/jam. Selebihnya … saya acungi jempol untuk setiap orang yang dapat menggeber tunggangannya lebih dari itu pada kondisi jalan berlumpur lengket dengan hanya bermodal motorsport standart 😀

Ada satu kelemahan NMP yang harus dibenahi … perhatikan gambar berikut :

Sparkboard tidak dapat melindungi suspensi belakang dari cipratan tanah yang terbawa ban belakang. Dikhawatirkan lama – kelamaan akan menimbulkan karat dan keausan pada bagian pengatur kelenturan suspensi. Masalah ini sebenarnya dapat diatasi secara mandiri dengan menambahkan penahan berbahan karet atau plastik, tapi ada baiknya jika AHM sedianya membenahi kelemahan ini.

    • NanaRedPro.
    • November 28th, 2010

    PREMIUM AJA GAN.
    ane setuju gan,shock belakang memang rwan karat,alangkah baiknya jika AHM mengeluarkan part pendukung kayak sepatbor kolong buat nmp,apalagi jika AHM mengeluarkan part modif seperti nmp maroon di JMS 2010

    • zukro
    • November 28th, 2010

    dulu waktu dikebun juga pernah smp 80 kpj di main road becek..hehehe…balapan sama begal.. 🙂

    • Baridin
    • November 29th, 2010

    lbh ngebass dr tirev bahkan suaranya

  1. mas klo becek sparkboard depan tu pasti penuh dg tanah…ya..n ganggu banget pasti…

    • az147r
    • November 29th, 2010

    foto dari samping,gagah banget tuh hehehe…
    Berarti memang bagusnya pake spakbor kolong yg secara fungsix

    • hyde
    • November 29th, 2010

    benerkan perkiraan ane, soknya akan kotor seperti mx yg lama. seharusnya dipasang spakbor kolong

  2. wah untung cuma NMP
    entar kalo CBR buat berlumpur2 ria gimana?

    • Mercon C a.k.a Mercon Mretelli
    • November 30th, 2010

    gile banget shocknya ampe segitunya,, wahhh,,,

  3. Kalo utk masalah kotor-nya bro…..
    yah, dah pasti utk ingatin kita pada kudu perhatiin tunggangan NMP-nya……(di-door smeer gitu)
    Jadi, mnrt gw seh……
    Kurang gress kalo ketutup tuch spakbor-nya…..
    Pasti kurang ‘nilai gagah-nya’ NMP deh…..
    Yah, tergantung bagi yg nunggangin seh……
    So pasti, NMP keren juga yah bro…….
    Salut to NMP dach…….

    • powerpuffgirlz
    • November 30th, 2010

    Wah, ternyata ga cuma di daerah ane Megapro banyak dipake di kebun..:) Emg ciamik tuh megapro, kehandalannya teruji jadinya otomatis pemakai megapro lama akan kembali ke NMP…Teruji dan terbukti!!

    • Aank wijaya
    • December 1st, 2010

    aduuuhhh…
    motor baru kog dibawa main klumpur..,,
    kan kasian kotor bau lagee!!!
    daripada digituin mendingan kasi aku ajha!!!
    bagus kan ideku???
    hahay..

    • RIM
    • December 1st, 2010

    Punya BB Curve 3G Gratis terus berkebun naik NMP kereeen euy…!!

    Cara dapetin BB’a ada disini Gan:

    http://stephenlangitan.com/2010/12/kontes-akhir-tahun-2010-gratis-blackberry-curve-3g/

    • meet_hana
    • December 1st, 2010

    aduuu.. sayangnya NMP yang keren itu harus bercampur dengan lumpurr..
    berarti bener ya pemberitaan2 di media kalo performance NMP ini unggul dbanding yang lain di kelasnya, yah wlao banyak yang bilang kalo kurang berotot.. Okelah tapii, penampilan mah relatif

  4. jempol dua buat masukkannya bro… shock rentan kotor yah…. wah harus bikin nih 🙂

    • Top
    • December 4th, 2010

    ooh…trnyata NMP itu mtor buat brkebun ya, hdpnya dilumpur, jd malu kalo buat ngapel si doi dech…! Xixixi

    • Pemain Baru Astrea 800
    • December 7th, 2010

    wah ahm kurang menyadari kalo nmp bakalan dipake di perkebunan…

    • Vivi
    • November 3rd, 2011

    mas, klo dikebun modipna kya pa ja… trus pnya poto poto nya ga?

  1. No trackbacks yet.

Leave a reply to bobby_kelanarimba Cancel reply