2010 Ural sT diluar Kebiasaan Ural ! (Bag.1)


IMZ Ural adalah pabrikan roda dua asal negeri beruang merah Rusia yang memproduksi sepeda motor ber-zispan. Sepeda motor yang dibuat IMZ Ural berkait erat dengan sejarah perang Dunia II. Kendaraan tempur Uni Soviet yang ada saat itu dianggap belum cukup  untuk kebutuhan militer tentara merah menghadapi invasi Nazi Jerman.

Melalui diskusi panjang di Departemen Pertahanan Uni Soviet dipilihlah mesin BMW R71, produk musuh itu dianggap mampu mengatasi medan berat pedalaman Soviet dan deraan cuaca ekstrim. Atas perintah Joseph Stalin mengimpor secara diam – diam melalui Swedia mesin BMW R71 dari Jerman pada tahun 1941.

Mesin BMW R71 kemudian dipelajari dan diduplikasi oleh untuk dipasangkan pada sepeda motor ber-zispan. Segera setelah melihat prototipe sepedamotor perang tersebut Stalin memerintahkan produksi massal kendaraan perang tersebut.

Produksi mulanya dilakukan di Moskow. Khawatir Pabrik Moskow dapat dengan mudah dijangkau bom Jerman pabrik dipindahkan ke Irbit, kota di pegunungan Ural. Kendaraan tempur roda dua ber-zispan tersebut kemudian lebih dikenal dengan sebutan IM – 72, IM kepanjangan dari Irbit Motorcycle. IM – 72 mulai dikirim ke front pertemuran pada 25 Oktober 1942 untuk mendukung mobilisasi pasukan merah. Sepanjang perang dunia II IM – 72 diproduksi sejumlah 9799 unit.

Pabrik Irbit yang juga selanjutnya lebih dikenal dengan nama IMZ Ural terus memproduksi sepedamotor ber-zispan hingga mencapai angka produksi 30000 unit pada tahun 1950. Setelah tahun 1950 produsi sepedamotor militer dipindahakan ke Ukraina, sementara pabrik Irbit memproduksi sepedamotor ber-zispan untuk keperluan domestik konsumsi sipil.

Hingga saat ini Ural terus memproduksi sepedamotor klasik bermesin boxer yang dilengkapi dengan zispan. Tercatat banyak model yang diproduksi ural seperti Ural T, Patrol T,  Retro, Gear Up, Patrol, Tourist, Taiga, dan Red October. Semuanya ber-zispan.

Bersambung …

    • Adit
    • December 24th, 2010

    Whehe…

    Pertamax..

    • Adit
    • December 24th, 2010

    .Mtornya clasic gtu,
    bgus jg, box d smping bs bwat naro blanjaan tuch…

  1. lho… kok bersambung?:mrgreen:
    mirip cerbung aja!
    Ural legenda Soviet yang copas dari Jerman,… keren!😉

  2. ada juga motor yang namanya DNJEPER bacanya (JEPER),bodi dan mesin hampir sama dengan URAL,tapi jelas jauh lebih tua DNJEPR karna URAL mengambil contoh mesin dari BMW R-71 yang diproduksi di jerman timur,sedangkan DNJEPR mengadopsi mesin BMW R-51 yang diprodusi lebih awal dari R-71.
    URAL adalah nama gunung tertinggi dan memiliki suhu cuaca yang sangat dungin di SOVIET.
    DNJEPR adalah nama sungai terpanjang di SOVIET.
    sekian tambahan dari saya..
    WASSALAM..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: