Mengatasi GL Asimetri !


Di daerah saya para pemilik Honda GL series … GL Max, GL Pro, Old Megapro, Tiger 2000, hingga Tiger Revo generasi terakhir kerap dihinggapi masalah menjengkelkan yang tak rampung – rampung. Roda belakang Asimetri … maksudnya roda belakang berada pada posisi yang tidak segaris dengan roda depan, melencheeeng. Melenceng ke kiri.

Sasis GL series yang bertipe diamond memang terkenal lentur dan adaftif di daerah dengan kondisi jalan rusak bergelombang. Pinggang aman dari encok karena hentakan sisa redaman suspensi direspons oleh sasis nan lentur. Tapi disanalah titik kelemahannya pula.

Lemah, karena jalan rusak bergelombang menyebabkan gaya tarik rantai tak stabil. Mesin berakselerasi dan deselerasi bergantian dengan cepat. Gear roda belakang seperti ditarik-lepas ditarik lepas oleh rantai berulang sepanjang perjalanan. Swing arm bawah yang berporos pada rangka utama dan hanya ditahan oleh as ikut tertarik ke kiri. Gaya tarik ini diteruskan ke swing arm atas oleh kedua batang shockbreaker. Kenyataannya kualitas rangka GL series tak sebaik CB dan CG, ditambah absennya plat penghubung rangka utama dengan kedua batang swing arm atas yang berfungsi sebagai penahan gaya tarik – lepas yang sebelumnya ada di rangka CB dan CG series.

Solusinya batang swing arm atas yang terlanjur miring ke kiri diluruskan terlebih dahulu dengan bantuan pipa besi, ditarik ke kanan sesuai keperluan. Kemudian bentuk plat besi seperti gambar di atas, pasang dengan las listrik. InsyaAllah kejadian menceng dapat diatasi.

  1. nais Info. Makasih Gan..

  2. Good

  3. coba saya cek gl 100 saya😳

    • NanaRedPro
    • March 13th, 2011

    nais inpo,solusi murmer menyiasati masalah
    SALAM KARET BUNDARâ„¢

    • Komengtator
    • March 13th, 2011

    Sepanjang pengamatan ane di jalan raya selama bertahun-tahun… 75% Megapro (baik yg lawas ato baru dgn umur pemakaian lebih dr 1 th) swingarm gak center ma sasis bro… Parah banget AHM ini… Dari GL pro sampe Megapro tuh masalah gak kunjung diperbaiki…

  4. siip siip siip

    • ben
    • March 14th, 2011

    menurut temen saya, untuk nge-check roda sejajar atau tidak, coba posisikan di lantai dan usahakan titik tengah ban depan dan titik tengah ban belakang dalam satu garis keramik ( nut keramik ) maka akan terlihat bagaimana kondisi frame.
    sejauh saya tahu, kalo frame tidak asimteris itu betul tetapi bukan kesalahan pabrik melainkan desain yang menuntut perbedaan posisi kiri dan kanan.
    sebagai bahan perbandingan coba perhatikan roda belakang kawasaki kaze 130 maka akan terlihat perbedaan posisi suspensi belakang terhadap roda.
    demikian sekilas info semoga membantu

    • maksudnya ketidak simetrisan itu memang desain dari pabrik agar motor seimbang?

    • Yang beda di Kaze 130 posisi suspensinya, bukan simetri framenya. Kasus GL pada kondisi baru semuanya simetri, tapi perjalanan waktu dan deraan jalan rusak menyebabkan asimetri frame, dengan kelemahan yang sudah saya sebutkan di tulisan ini.

  5. Penyebabnya mungkin kebanyakan pemakaian standart samping saat berhenti lama…. makanya saya jarang sekali pake standart samping kecuali berhenti sebentar…

    nitip lapak mas….
    Awas!!! setan kredit slalu menghantui… WASPADALAH….

    http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/14/pilih-mana-ya-beli-sepeda-motor-baru-dg-kredit-ato-bekas-tapi-cash/

    • cotto
    • March 16th, 2011

    Utk ketebalan plat besi diatas berapa mm pak Adul…?

    • Ahonk
    • March 20th, 2011

    Kalau pengamatan sy yg cepet bgt geser tuh si megi, dijalan2 kalau liat megi pasti spatbor n roda belakangnya gak ada yg center..

    • hoky
    • March 21st, 2011

    Ok thanxs… ntr aQ praktekin dech.!

    • rony
    • March 24th, 2011

    btul bgt gan..megapro ane bln kmrn juga ane centerin sasis n rangkanya dg tips yg sama dg tips agan..ane bw k bengkl..trus rangka tengah ditmbh plat besi..biar mkn kokoh..bengkl tsb sbtlnya mlh spesialis mobil..hehe..mnurut tuh bngkl tambhn plat besi ibart strut bar klo di mbl..btw..nais inpo gan

    • gp samarinda
    • July 30th, 2011

    mantep gan solusinya

    • harry
    • June 20th, 2012

    wuihhh inii niii baru info murah nan terjangkau bin fungsi……..
    motor w glpro neo tech th 95′.kayaknya perlu di tambah plat lagi deh kaya tips yang diatas….
    makais infonya brooo…..

  6. top info…
    simpel, gk repot, gk mahal..
    tapi hasilnya mnunjukkan perubahan besar…

  7. selamat yach😀

  8. Namanya juga motor tua…
    Klo miring2 ato rusak Mgkn pabrik Honda uda tutup dari dlu

  9. gann….
    “swing arm atas yang terlanjur miring ke kiri diluruskan terlebih dahulu dengan bantuan pipa besi, ditarik ke kanan sesuai keperluan”
    itu cra nariknya susah ga? kalo 2 org yg narik bisa ga?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: