Ganti Tunggangan …


Enam tahun sudah si Mega, Old Megapro ijo item menemani perjalanan keliling kebun. Kehujanan, kepanasan, menembus tebalnya debu, beratnya medan dilalui demi memenuhi amanah sebagai abdi kebun tebu. Beberapa pengalaman mengesankan seperti terjatuh saat tiba – tiba menemui jalan basah ketika kecepatan di 75 km/jam akibatnya … stang bengkok. Atau pertama kali membonceng istri saat baru saja menikah, semakin gelap malam semakin erat pegangan di pinggang …😀

Si Mega dari sisi fleksibilitas bisa dibilang cukup fleksibel. On road ok … off road payu kato wong Palembang. Beberapa penyesuaian dilakukan agar tetap nyaman melibas tanah berlumpur. Saya menambahkan plat berbentuk “n” dengan lubang dudukan baut pengikat sparkboard sedemikian sehingga ruang antara sparkboard dan permukaan ban depan semakin besar, sangat bermanfaat untuk menghindari macetnya putaran roda depan akibat sumbatan tanah merah.

Namun kini Si Mega sudah nampak lelah … sudah saatnya kini ada generasi pengganti untuk menjadi sarana inspeksi kebun. Nah … teman – teman ada yang bersedia memberi saran sebaiknya saya memilih motor apa yang cocok ?

  1. Kawasaki KLX 250 bro..

    • sobek2
    • April 17th, 2011

    diablo trail 200 cc, ngimport dr semarang kisanak

    • Diablo … sayang enggak ada dealernya di Lampung,sebenarnya cukup menarik kalau baca – baca hasil googling.

  2. si Mega dirombak jadi Tril aja … apik

    • f41z
    • April 17th, 2011

    NMP kliatanya oke. asal jgn sering kehujanan. pengalaman pake GL dan tiger bukan material tangkinya yg jelek tapi desain tutup tangki yg ga bagus, air hujan bisa nembus sehingga bikin tangki kropos dan bocor. denger2 Nmp jg ada yg brebet coz tangki kcampur air

    • sayang enggak bisa menghindari hujan bro … belajar dari si Mega sepertinya bukan karena desain tutup tanki yang bisa ditembus air tapi karena kondensasi bensin yang sebelumnya menguap karena tankinya kepanasan terutama kalau isi tanki kurang dari setengah.

  3. motor sampeyan kayak dipake jualan tahu mas, ada box kanan-kirinya, heran aq sama modif kayak gini, lebih praktis sih tapi emang gk takut nyangkut kalo pas macet?? hubungannya sama safety bro, kalo sekadar sesekali dibuat turing sih saya masih bisa maklum, tapi kalo tiap hari pake gituan kayak gk safety n gak modis.
    kalo ngeliat selera sampeyan, saya nyaranin ganti NMP walaupun menurut pendapat saya pribadi lebih suka vixion

    • lha … di kebon mana ada macet tong, ane bukan di Jakarte tapi di kebon😀. Buat info aja tiap hari benda yang harus dibawa : peta wilayah, notebook, mantel, tools kit, air minum dua liter …
      Pertimbangan pake box kiri kanan karena sesuai dengan kebutuhan, bukan sekedar pengen modis lagi pula justru lebih aman dengan beban yang seimbang ketimbang pakai rear box yang menambah beban di titik terjauh dari titik pusat gravitasi sepeda motor. thank’s inputnya …:D

  4. cari sport yg masih nganut dual shock aja mas… p220 oke juga tuh..

    • dual shockbreaker cukup realistis … kuat menahan beban ekstra, tapi kebanyakan sport touring agak sensitif dengan jalan becek.

    • mang
    • April 18th, 2011

    banyak banget bawaannya udah jangan nanggung Yamaha super tenere aja dah

  5. Gampang masbro, new megapro

  6. Klx 150 kl 3s lumayan gampang di situ

  7. RX king di modif trail ajib tuh! Atau ga new CBR 250R… Hahaha

    *kali ini serius
    kawasaki D-tracker 150 supermoto segala medan solusi ny!

  8. setuju sama cicakmerah. pulsar 220.

    • icaq’s
    • April 18th, 2011

    yakin sing pas KLX 150 masbro…

  9. spyder mantap dan stabil masbro..😀

    • Mattocaster
    • April 18th, 2011

    om om,gimana klo thunder 250,tenaganya mangstab lho

    • Dani
    • April 18th, 2011

    vote for klx 150, pasti serasa bawa sepeda bmx mantef dah buat aspal okeh begitupun offroad

    • klx malah bahaya bro, kan ni agannya suka bawa2 banyak barang. ntar yg ada motor jadi berat, jinjit, medan ga rata.. wuih, keringetan deh tu si agan😀

    • adiet
    • April 19th, 2011

    vixion wae bro rodo gaya sithik ben ono cewek sing ngelirik..

  10. @ All mas bro …
    gimana kalau klx 150s yah … untuk postur 167/60 cocok enggak ?

  11. P220, ganti ban pacul, stang trail…
    (ngawur.com)

    • cotto
    • April 19th, 2011

    NSZ aja pak Adul, modif dikit aja buat segala medan…

    • Pino Kio
    • April 20th, 2011

    CBT aja bro, kalau duitnya lebih ya ambil yg 250 cc kalau yg lebih murah ya tunggu yg 150 cc.
    bentar lagi brojol kok.

    • Pino Kio
    • April 20th, 2011

    sory salah ketik maksud ane:

    CBR aja bro, kalau duitnya lebih ya ambil yg 250 cc kalau yg lebih murah ya tunggu yg 150 cc.
    bentar lagi brojol kok.

    • sekopati
    • April 20th, 2011

    kalau jalan semi off road lebih baik klx bro….

  12. MONSTRAC 200…

    • Zikri
    • April 20th, 2011

    Paling realistis ya klx 150 bang adul.dulu wkt di kebon juga.smpt brpikir ambil klx.tp apa bs dipasang box ga ya?
    Bang adul,ane juga mau ngeblog ni,tp bukan d wp.nantikan ya?hehehe

  13. kalo g buat boncengan sih pas tuh klx 150..🙂

    tp kalo sewaktu-waktu buat boncengan sm istri ya dipikir n dicoba dulu…tifisss bro… xixixi:D

  14. datengin satu persatu diler…trus testride semua😀

    klo ane sich pale pulsar aja

    http://setia1heri.wordpress.com/2011/04/21/paradoksial-hari-kartini…/

    • seno 79
    • April 21st, 2011

    mnding win 100 aja,,,bandel cocok tuksgla medan,,,wkwkwkk

  15. Saran saya jangan ganti Vixion, ntar komstir bolak balik oblak:mrgreen:

    • Betol. Jangan pilih vixion. Komstir rawan oblak.
      *sesama korban komstir:mrgreen:

    • SixBalak
    • April 26th, 2011

    Eh, jamo Lappung ya bro, kebon tebu mana? GPM, GMP, SIL?
    Ay sering masuk daerah sana, sekedar berbagi aja yay, jangan pake street bike, monoshocknya beda. Pernah coba vixion, NMP, scorpio. Gk ada enak-enaknya dapet jalan tanah di kebon tebu, apalagi dengan cuaca yg gk terduga kayak sekarang. Dual shock street bike juga gk jauh beda, emang kagak dirancang buat ajrut-ajrutan di tengah kebon.
    Yang realistis sih trail, tapi kalo kadang mau dipake cari cemilan ke Bandar atau Menggala, siap2 ngelus dada aja gak bisa ngebut di Jalintim.

    • Iya yay ikam jow Lappung .. Bugrak temon nickname sekam … terimokasih saran now… ikam rencana ago ngakuk klx tapi nayah si cawo mak waway

    • vanz21fashion
    • April 26th, 2011

    tadinya mau nyaranin klx150, tapi kalo suka dipake bonceng istri juga, lebih baik jangan deh, soalnya nampaknya klx150 ga nyama buat dipake boncengan.

    Paling2 kalo memang berminat bisa ngambil scorpio z hanya saja sebagian orang masih mengeluhkan shock belakang yg terlalu amblas, kalo masboss bisa ngakalin ini, scorpio z kayaknya pilihan tepat.

    atau kalo nyari yg lebih murah si saya sarankan bajaj pulsar 180 atau 220 jika jaringan 3s bajaj di daerah masboss ga sulit.

  16. mau kasih saran apaya?

  17. new mega pro….

  18. ganti scorpio aja😀

    Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
    semoga berhasil friends

    • lekdjie
    • April 29th, 2011

    idem kro nduwurku

    • herrytroy
    • April 30th, 2011

    masbro, ane usul gmana klw new scorpio z aja, torsi gede mendaki enteng, nyetirnya paling nyaman (menurut ane stelah coba motor2 lain)ane nyetir dari palu – luwuk (sulawesi tengah) +/- 630 km cuman istrahat skali koq. dijamin enak tenan dengan rangka double cradle_nya

  19. ya wis D-tracker150 aja pak, ga terlalu tinggi , padet juga kok road cocok, dirty road juga cocok

    lohhh bukanya pak adul nunggang vixion? dimodif aja 😀

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: