Engine All New CBR 250R !
Mesin CS 250 RE yang digunakan di All New CBR 250R ternyata adalah mesin yang benar – benar baru dan dirancang untuk menjawab tantangan global bahwa mesin sepeda motor harus sporty sekaligus ramah lingkungan.
Powerfull
Sebagai sebuah motor sport CBR 250 R harus bertenaga. Mesin DOHC dengan empat klep sudah lama dikenal sebagai mesin dengan pembakaran yang lebih sempurna karena sudut klep yang sempit menghasilkan bentuk ruang bakar yang kompak, sudut porting ideal ; downdraught intake, sekaligus ukuran klep yang lebih kecil sehingga beban kerja lebih ringan. Hasilnya kompresi dapat diset lebih tinggi dan tenaga puncak diraih pada putaran mesin yang lebih tinggi.
Mesin All New CBR 250R dilengkapi roller rocker arm yang berfungsi menggerakkan klep, valve train rendah gesekan dengan kepala silinder yang lebih kecil sebagai hasil dari pemasangan roller rocker arm yang sangat kompak.
Bobot rocker arm direduksi melalui penggunaan valve tapped berdesain shim, sementara gesekan direduksi dengan menset tegangan per klep pada level yang rendah. Uniknya, shim dapat diganti tanpa harus melepas camshaft.
Lebih lanjut, cylinder sleeve berpermukaan seperti susunan duri halus yang berfungsi memaksimalkan pelepasan panas dari permukaan dalam silinder. Mesin lebih adem sehingga pembakaran yang tak perlu tidak terjadi. Pencetakan ruang bakar dengan casting sentrifugal menjadikan dinding ruang bakar lebih tipis dan ringan namun dengan kekuatan yang tak terkurangi.
Pilihan Bore yang lebih besar dari stroke (76 x 55) menjadikan mesin CBR 250R sangat responsif dan mudah dikendalikan, proporsi bore x stroke sama dengan mesin CBR 1000RR. Hal lain yang dilakukan Honda untuk meningkatkan performa mesin CBR 250R adalah dengan menggunakan batang klep yang tipis dan berkepala lebar sehingga meningkatkan efisiensi intake dan exhaust. Batang klep tipis menjadikan angkatan klep lebih ringan, sementara kepala klep lebar menjadikan sudut buka intake dan exhaust lebih lega serta minim hambatan. Hasil akhirnya mesin berputar dinamis dari RPM rendah ke RPM tinggi tanpa hambatan yang berarti.
Minim Getaran
Poros engkol mesin CBR 250 R dilengkapi dengan tiga buah bearing yang meminimalisasi getaran. Poros engkol tipe built-up memungkinkan desain ujung conecting rod yang besar sehingga dapat berfungsi sebagai roller bearing minim gesekan. bak kopling dilengkapi dengan primary balancer yang berfungsi mempersempit jarak bantalan engkol, sebuah ball bearing dipasang dujung kanan poros engkol.
Ramah Lingkungan
Mesin All New CBR 250R juga dilengkapi dengan sensor oksigen dan sistem induksi udara untuk memaksimalkan campuran BBM dan udara sehingga membentuk gas siap bakar. Sudah tentu saluran buang dilengkapi dengan katalitik konverter yang dipasang di dalam pipa knalpot. Dengan itu semua mesin CBR 250R diklaim memenuhi standar Euro 3 dan Thai stage 6.
wow.. speechless.. berarti ini bukan mesin CRF ya? kira2 kalau masuk Indonesia, downspek apa engga?
tapi menurut saya, 1 silinder vs 2 silinder, tetap lebih awet 2 silinder, soalnya beban mesin lebih berat di 1 silinder CMIIW
kalo 1 slinder DOHC biasa, ga bs lawan ninja dong
paling2 cuma ngalahin megelli 250rv
belum tentu bro.. motor ga cuman sekedar dohc 1 silinder atau 2 silinder, tp teknologinya..handling etc
power without control is nothing!
@dvil
but, control without power is melas ding…
ya skrang bandingin aja pwr ninja 250 brapa,kl cbr wlpun 1 cilinder udh jelas bs ngluarin 42dk…di atas rata2 pwr motor 250cc.
yg udah2 c digede2doank pas diaspal biasa2 ajja…AHM gt loh kl ga nekin KM mpe 20kpj ga asik..hehehe
pengalaman supra 100kpj vs ax ane -/+ 80 kpj…sapa yg tukang tipu???
lagian lu motor bebek mau kenceng2 sih…
setau gw motorseprot juga speedonya direkayasa.
Mantap, padat dan jelas 🙂
Apakah moto3 pake mesin ini..?
yang penting ramah lingkungan
like this
new cbr pake basis mesin Megelli ya?
xixixi … lucu ah, megelli bukan honda honda bukan megelli.
cbr150 aja “katanya” bisa 160kpj. CBR250 lari brapa ya?
Mantaffff…gan
SEPAKAD!!!
tenaganya berapa ?
tunggu bocorannya 😀
wah artikelnya mirip dgn ane hehehe…
satu guru satu ilmu harap saling membantu 😀
ajibbb dah…
wooo keren tuh cutting enginenya…
sip, bahasa penyajiane apik mas 😀 ijin sedot sebagian gambar ya 😀
silahkan sedot sepuasnya 😀
nitip warung yah oom..:)
sama ini:
mau kemana om warungnya dititip-in ?
habis nyuci ada jemuran baru, monggo dibakar biar cepet kering: beda bahasa:D
sbg perbandingan ja,menurut klaim pabrikan minerva 250 rv versi baru sanggup mengeluarkan power 27 dk,itu hasil perbaikan sana sini versi dulu yg sama2 250,tapi spek masih single silinder SOHC…nah bayangkan dengan new CBR 250r yang memang 1 silinder DOHC-PGM FI….dan teknologi mesin yg lebih advance khas honda saya kira bersaing dgn ninja yg menganut 2 silinder segaris.dari sisi psikologis jg bisa diprediksi klo nama CBR adalah nama besar di pabrikan honda,tentu honda sndiri tidak sembarangan memasang nama CBR klo performa tdk mumpuni.
G usah banyak omonglah…klo punya duwit beli aja sekalian ninja 250 ma CBR 250 bereskan….gitu aja kok repot…klo duwitnya pas-pasan mending diem,,,….
motornya bagusss….
tapi sayang aku ga minat…,,,alx ada alasan knp???
km tau kog,,yt uang gda terusss harganya pasti selangit!!!
hohoho..
ninja rr paling mantap 195 kpj
iya nich bingung mo ambil Megelli 250 RV apa cbr 150 Fi
migelli disamain sama cbr ??!! ngakak gw, masa mesin tahu (migelli) dibandingin sama motor (cbr)…
asal lo pada tau, meski ninja 250cc 2 silinder tapi itu teknologi lama (GPZ250 taun80an), jauh dengan teknologi yg diusung cbr 250, meski masih 1 silinder tapi teknologinya update bgt… y dgn sedikit seting ulang pasti performanya bs lebih baik
yg mau ngejek2in honda silakan tp CBR 250R full technology of future ,pas d Jakarta motorshow kmren gw liat langsung takjub apalg panel spedoometernya futuristik banget, jauh deh sama nin 250r, klo ud keluar di indonesia thun dpan gw rela jual nin250r biru gw buat beli HONDA CBR 250R yg amat sangat futuristik banget….n ramah lingkungan
setuju sma bayau…
Prcuma nglht motor dr prforma duand….
Teknologi kea kakek2
mna brat lgi smpe 170 kg…
Klo kenceng ma relatif tergantung blpn apa dulu ?
Klo blpn drag ma cbr krna torsi cbr menang telak….
Klo d sentul tergantung pengemudi bung, cnth rossi sma stoner pdhl motor stoner lbh powerful d bnding rossi py rossi bsa tuh ngasepin stoner….
Skrg bwt pha motor tenaga powerful tpi susah handlenya.cbr dah kncng rmh lingkungan lgi…trus irit + murah…
Bnding motor kenceng boros, trus teknologi jadul mahal lgi….
Pilih ja…
trus klo minerva w rasa tenaga 27 hp SPEAK DUAND!
masa d dynotest cma 20,05 hp…
Turunya drastis bgt smpe 24-25 persen….
kemaren honda katanya JaduL, tapi koQ tetep di percaya ma masyarakat,
skarang honda katanya LeLet, tapi koQ mesin pakai techno yg update ya,,,
gimana nih….yg baek mana nih…?
yg baek tu yg ksemua koment bersiafat ramah ma pabrikan yg technoLoginya compLex buat sgaLa kpantingan manusia…..
mana pabrikan yg mumpuni memenuhi kbutuhan masyarakat secera kompLex, ituLah yg kan di kibarkan benderanya atas nama pabrikan yg mampu memenuhi kbutuhan masyarakat…
titik.
gue minta cepetan ada di indonesia,…..!!!!!!!!!
motor dibilang motor itu klo nyaman dan lembut suspensi nya harga terjangkau. u bka di http://www.cbr150cc vs ninja 250cc,ninja 150RR. itu smua beda nya cma 7meter cbr 150 bs buntutin ninin 250.
juara 1.ninja 250
juara 2.CBR 150
juara 3.ninja 150RR
gmna klo CBR 250cc yg ikutan bs putus ninin cooy.
dr segi bensin lbh irit6 km/ltr.
motor kenceng boros itu biasa,tp klo motor kenceng IRIT itu luar biasaaaa mas bro. gmna klo di borosin makiiin huuuesssss………
kekekekkeke cb 100 opensource buntutin cbr 250 nempel bro, ngeri juga main speed bikin nyali ciut
yo wis lah yang punya uang is de bes
betul..betul..betul.. setubuh eh salah setuju.yg punya uang is the best.daripada ribut bandingin mana yg lebih jago klo yg punya duit lsg aja adil beli aja semua sekalian jd gak ada yg di anak tirikan.bahkan migelli borong aja semua sekalian.ya itung2 buat koleksi semuanya gitu..setuju teman2..live in peace
eank penting ramah lingkungan ,,,
and yang penting heppiiiii……
hala….la wong suzi fxr 150 aj powernya 24ps kok kenceng lha 250 dohc kok menthok 27 ps aj…..
yg Jelas Tergantung ridernya…. gw jadi Saksi saat Ninja Vs CBR, Ninja di tempel Abis gan….. pas di tikungan mas di Trak Lurus tuh CBR punya Torsi gahar sampe melesat bah peluru meninggalkan Ninin……. maxspeed bocoran 170kpj dari anak2 CBRJ.
Ninin 250 = Maxspeed 185 kpj
CBR 250 = Maxspeed 170 kpj
dari segi Teknologi, Efisiensi Fuel, Body, dan berat rangka CBR tetep yg terdepan cuma beda 6 kg lebih enteng..
dah ada pemenangnya :
1. ninja 250
2. migelli 250
3. cbr 250
liat koran otomotif
jijik liat cbr250 tp 1 silinder nh, bukannya cbr250 dulu yg taon 1993 4 silinder?.1 silinder mah mending tiger aja di modif,.haha ada motor merk mie geli(tapi sangar lho,bajay jijay sih lewaat)
CBR 250 ane tembus 170 mas bro
irit gila ninin aja di asepin pas nyoba drag 201m
bangga punya nih motor
boleh panas…tapi ingat …..SATOE HATI
Sudah terbukti ko Ninin 250cc di asepin di sentul, sampai2 seri ke 3 Juara 1,2 dan 3 semuanya CBR 250cc….makanya jangan mandang sbelah mata Bro..sekarang malah ninin 250 ngikutin rangka CBR250cc…
yg jelas lebih puas mke nya pda ninja,broooo
technology nyaaaaaa gtu,lhooo