Tenaga Mesin Megelli 250RV Tak Sesuai Klaim Minerva?


Tergelitik dengan perbandingan All New CBR 250R dan Megelli 250RV oleh Kakang Panembahan yang menyebutkan tenaga megelli 250 rv sebesar 27 hp, Adul menemukan fakta yang kurang mengenakkan dari Megelli 250RV.

Adalah situs motorcycle.com yang membuat komparasi Megelli 250 sebagai pendatang baru dengan Ninja 250R sang pemegang singgasana 250cc. Disebutkan Megelli yang buatan China dan didesain bodinya di Italia Inggris berpotensi menjadi penantang berat apalagi dengan harga terpaut jauh. Pengamatan dilakukan sampai ke hal – hal yang remeh, misalnya tombol klakson yang menekan tangki saat stir diputar penuh ke kiri. Secara terang – terangan disebutkan fairing Megelli rapuh, sepeda motor bergetar hebat saat dipacu.

Saat pengujian tenaga ditemukan fakta unik. Pada rpm 4000 Megelli mampu menghasilkan tenaga sebesar 10,4 hp dengan torsi 13,7 ft-lbs, sementara Ninja 250R menghasilkan tenaga 7,3 hp dengan torsi 9,6 ft-lbs. Namun saat pengujian dilakukan pada masing – masing puncak rpm Megelli hanya mampu mengail tenaga sampai 20,5 hp pada rpm 8500, sementara Ninja 250R mencapai 25,4 hp pada rpm 10250.

Menanti share dari Megelli Owner πŸ˜€

Gambar dari motorcycle.com

    • Legenda Rider
    • October 31st, 2010

    Desain megelli dari Inggris Mas, yah ane harap jg kita harus terbuka engakui keadaan minerva saat ini yg tidak mau terbuka kan asal mesinnya. bagaimanapun jika kita berdiri di di pihak konsumen, kesalahan minerva sgt besar.

      • adul
      • October 31st, 2010

      thank’s koreksinya

    • soe_ndaroow
    • October 31st, 2010

    jadi inget dulu megeli250 generasi pertama yg klaim pabrikan powernya sebesar 20-an hp ternyata setelah didyno cuma 12.5 hp.
    ternyata yg baru juga gak jauh beda.

    xixixiiii……….

    • Fr1z
    • October 31st, 2010

    pengen lihat secara langsung, atau minimal video nya ninja 250 vs megelli 250 all type …. vs cbr 250…. nah baru deh clear semuanya… :mrgreen:

    • triatmono
    • October 31st, 2010

    Jika mau komparasi secara brosur (claim pabrikan) ya sama-sama dengan claim pabrikan alias ngukurnya di crankshaft. Jika mau komparasi secara on wheel ya kembali sama-sama secara on wheel… !!!

    Komparasi di artikel Juragan ROndO semuanya menggunakan claim pabrikan. Jika mau on the wheel pake dyno semuanya kudu ngukur di on the wheel. Jangan mengkomparasi misalnya Ninja on the wheel 25HP teruz SBR250 on crankshaft 26Hp… yaa ndak apple-to-apple… !!! πŸ˜€

      • adul
      • October 31st, 2010

      Apel malang lawan Apel washington πŸ˜€
      untuk CBR 250R sudah keluar klaim pabrikannya mas?
      mohon linknya kalau sudah ada.

      • adul
      • October 31st, 2010

      Marked ! Juragan Rondo first comment on motoradul πŸ˜€

    • triatmono
    • October 31st, 2010
      • adul
      • October 31st, 2010

      maturnuwun πŸ˜€

      • adul
      • October 31st, 2010

      Perlu pengujian independen untuk menghasilkan hasil yang benar – benar obyektif.
      Sisi positifnya dengan klaim pabrikan Honda bahwa power CBR 250R hanya berpaut sedikit dengan Megelli maka akan menjadi faktor pembatas dalam pembentukan harga seandainya AHM berniat menjualnya di Indonesia. Hidup konsumen Indonesia πŸ˜€

      • Legenda Rider
      • October 31st, 2010

      ane kok ga yakin itu klaim pabrikan, krn yg di astra sepertinya hy mengkopi dr dapur pacu, sedangkan yg lain jg dr forum aja tanpa resouce yg jelas.

      ane ttp menunggu bosur resmi/keterangan resmi pabrikan.

      • Cendol
      • November 1st, 2010

      dari AP Honda aja belum rilis kan ?

    • lovemybike
    • October 31st, 2010

    woy, ninja di crankshaftnya juga ampe 31 dk, tp di dynoi turun sampe 25 dk. sama aja ma megelli. beda lah di dyno ban sama crankshaft

  1. komparenya sama yang rv dong

  2. sekali lagi, data dari mas tri adalah dr pabrikan
    kalo motorcycle.com kan pk dyno diukur dr rear wheel
    lha kalo cbr klaimx 26hp d crank, sp tw di rear wheel ga sampe segitu
    inget soal power loss jg bro..
    Dgn nama besar honda, bisa aja power lossnya cuma dikit. Tp bisa jg power lossnya bnyak :mrgreen: who knows lah..
    Kalo gini jd inget komparasi superbike jepang (2009) d web mana gitu sy lupa. Kalo dr crank, fireblade paling kecil powernya. Tapi dr rear wheel, freblade jd no2 di bawah sang raja power, zx-10r πŸ˜€

  3. bang adul, komen ane masuk sepam nih..

      • adul
      • October 31st, 2010

      sudah nongol semua Ken πŸ˜€
      ini komen live from sarangan?

  4. sekali lagi, data dari mas tri adalah dr pabrikan
    kalo motorcycle.com kan pk dyno diukur dr rear wheel
    lha kalo cbr klaimx 26hp d crank, sp tw di rear wheel ga sampe segitu
    inget soal power loss jg bro..
    Dgn nama besarnya, bisa aja power lossnya cuma dikit. Tp bisa jg power lossnya bnyak :mrgreen: who knows lah..
    Kalo gini jd inget komparasi superbike jepang (2009) d web mana gitu sy lupa. Kalo dr crank, fireblade paling kecil powernya. Tapi dr rear wheel, freblade jd no2 di bawah sang raja power, zx-10r πŸ˜€

      • adul
      • October 31st, 2010

      you get the point !
      dengan pengujian yang mendekati keadaan nyata baru dapat kita simpulkan hasil perbandingannya. Kalau cuma menang diatas kertas … macan kertas namanya πŸ˜€

  5. menunggu compare2 selanjutnya yang real πŸ˜€

  6. Tunggu ada yang bandingin tiga-tiganya langsung di Dino yg di Indonesia.. Cos tiap negara Speknya beda..

  7. brarti buat inreyen peralatan tempurnya pakbos juragan rondho tuh.. :mrgreen:

    • Aank wijaya
    • November 1st, 2010

    abisan yang buat motor mungkin ngantuk kaleee ya!!!!
    jadi ga sama….
    hehehehe….

  8. Menurut saya megelli tidaklah kalah mutlak,liat du hasil dynonya, power megelli besar dari putaran bawah n kepotong pada 9500rpm,seandenya dikasi cdi unlimited tentu dapet naik lagi tu power…
    Jadi kepengin nich beli si megelin!!

  9. Jangan dulu mengklaim pabrikan minerva salah dalam powernya megelli yang tertulis 27hp,..
    27hp itukan di crankshaft,ninja aja yang 31hp turun jani 25an hp…!!
    Tul kan!!

    • namanya juga mesin satu silinder masbro :mrgreen:

      jelas aja kuat di putaran bawah πŸ™‚

  10. Komparasi keduanya kalo gak salah udah pernah diulas di tabloid otomotif…

    • wandy
    • November 2nd, 2010

    Bedalah ama di dyno, smua mesin jg akan turun kalau di dyno

    • marcus
    • November 11th, 2010

    Komparasi-nya seperti salah kaprah bgmana mungkin :
    1. 2 silinder (2×125) dgn 1 silinder…?????
    2. Megelli di sono (EROPA)msuk hitungan value-beginers City sport sedang kan n250 sport beginer

    inget gak 2 tak 500cc moto GP versus 1000cc 4 tak……

    Lha ini 4 tak vs 4 tak, beda cyl… ya jelas yang 2 Cyl laahhh

    note : Megelli 250R memang PARAH ancur-2an.. SUPER jauh dibanding yang RV yang sudah ditest ride di sentul
    Entah apa logika produsen MINERVA..???? kita semua gak tahu..
    Dari pada pake mesin MOCIN kenapa gak CBU aja yang EROPA

    • bima
    • November 16th, 2010

    ya pasti lah megelli 250 RV kalah tenaga di putaran atas karena cuma mengusung mesin satu silinder.

    kelebihan mesin satu silinder (megelli 250) dibanding mesin dua silinder (NInja 250)adalah power di putaran bawah menengah yang lebih besar dan responsif, selebihnya akan diasapi oleh ninja 250 yang torsi besarnya mulai keluar di putaran menengah ke atas.

    ninja 250 bagus untuk perjalanan keluar kota dengan lintasan panjang membentang sementara megelli 250 dan CBR 250 akan lebih asyik di kendarai di lallu lintas kota yang terkadang macet dengan trek pendek2.

    • retno
    • December 22nd, 2010

    parah nie minerva 250 rv 27 hp jd 20.5 CBR 250 R ja 26 hp jd 21.44 d rear wheel memang harga gak pernah bohong….

  11. ada 2 kemungkinan mas :
    1. mesin benche megelli dengan minerva megelli berbeda
    2. kalaupun sama, maka kalibrasi roller alat dyno di sini dengan di luar berbeda. kalo di itung2, rasio power ninja di sini (punya om aranto) dengan di sana (asumsi power injeksi dengan karbu sama) adalah : 30.18/25.54 = 1.18. nah kita kalikan dengan power megelli di sana yaitu 20.5, sehingga dihasilkan 24. 22 hp. beda 0,4 hp dengan hasil dyno disini πŸ™‚

    • Awakku_1927
    • March 14th, 2011

    telung puluh jutaan kok oleh’e motor… isih kudanan…
    Motor itu ya yang belasan juta cukup !!
    wekekekekekek…kere!!

      • Ku_cai
      • April 20th, 2012

      sakno sampeyan iku… komen gak penting !!

    • aar
    • May 13th, 2011

    maaf sebelumnya ya mas. Yang benelli di data itu tipe R ati RV. Klo yg R mgkn ja klo cm 20hp. Tp klo RV 27HP…klo ga salah

    • aar
    • May 13th, 2011

    salah lagi..megelli R yg 20Hp, tp RV 27hp gt..

    • andryco
    • May 15th, 2011

    Saya pemakai Megelli 250RE. sebelumnya saya juga mau tau apakah ribuan motor yang diproduksi Pabrikan pasti memiliki power yang sama. Yang saya tahu, Megelli punya Pabrik di Cina dan Thailand, desain dari Inggris, material mesin diambil dari SYM,Taiwan (itu mereka akui di http://www.megelli.com). Taiwan saya akui memiliki teknologi material lebih baik dibandingkan Cina dan India. Desain mesin dan development dari EDI Progetti. MINERVA hanya melakukan Co Branding dengan Megelli,Sachs dan Fischer USA, mereka tidak membuat motor, itulah keuntungan Privateer,yg bisa ambil motor merk apapun. mereka rakit di Cileungsi,Bogor, otomatis parts dan labour cost jauh lebih murah. Satu lagi Megelli itu merk Global,mereka satu merk dengan BLATA yg pernah ikut GP500 beberapa tahun lalu.sampai saat ini (3 bulan) saya tidak mengalami masalah berarti pada Megelli saya- meski dipakai tiap hari)

    • VixieRed07
    • June 8th, 2011

    Wah Comment seperti bro Andryco ini yang saya tunggu2, comment langsung dari rider Megelli. Soalnya saya lagi cari2 bagaimana utk memantapkan hati meminang si Megelli ini.
    Kebetulan saya sedang menunggu Megelli 250RV dipasarkan oleh Minerva, karena dari launching / test di Sentul yg lalu hingga hari ini (8 Juni 2011) saya belum bisa mendapatkan Megelli tipe RV di dealer manapun (saya di Bandung). Mohon rider Megelli lainnya (gen 2) untuk sharing pengalaman juga.

    Salam Bikers

    • anom
    • July 11th, 2011

    saya juga rider megelli250RE sejauh ini ampe km 8rb gag ad maslah d sektor mesin padahal gw bwa tyap hari dri kehujanan,kepanasan,kena macet ampe d geber abis2an tp tetep gag ad masalah…bwt topspeed kmaren gw dapet 150km/j dah mentok…dgn posisi nunduk byar lbh aerodynamis…n dalam kecepatan tinggi jga stabil gag oleng…yah w sharing tnpa d lebih2kan apa adanya…

    • doni
    • October 26th, 2011

    w owner megelli rv…. kmren w tes d’sntul bsa 162km/jm pke cdi rcing

    • desna
    • June 24th, 2012

    untuk bahan bakar, hemat mana? antara ninja, minerva n CBR?

    • dani
    • July 7th, 2012

    minerva body oke….tenaga…..gak ngedukung

    • Arif
    • July 10th, 2012

    woi..
    ketahanan body megelli 250RV ama yang lainnya itu bener ngga sih..??
    kalau bener bales oke ane ngiler nih ama motor yang satu ini..

    dan satu lagi..
    katanya ada megelli SP..
    udah keluar belon sih..???

    tolong jawab dengan se adanya oke..

    • jzyanuar ibrahimovik zaitzev
    • August 1st, 2012

    yaaaahhh klo mesin buatan china sama aja boong

  12. yupz… mesin cina mah kelaut aja deh…
    mesin thailand jga harusnya dibumi hanguskan.
    gogo india machine… you are the king now.
    fuck minerva… fuck thailand… fuck japan.
    mau2 nya lu semua pda dibodohin ckckckck

  13. Masalah minerva sama ninja kalau di bandingkan, jawaban gw simpel, harga gag bisa boong bro. πŸ™‚ setiap mesin punya karekteristik masing2, nah gw mau jawab kenapa minerva hadir dengan kualitas yg begitu, sebenernya minerva jg melihat dr karakter orang yg tinggal di indo. kebanyakan cari motor keren ato sebur saja sport dengan harga yang murah, betul? Seengga nya kita harus hargain minerva yg sampai saat ini terus mengalami pembenahan sana-sini loh πŸ™‚ motor dengan top speed kencang bukan berarti aselerasi kencang loh πŸ™‚ semua nya itu berbalik kepada kita sdr, jgn terlalu bnyak pengen na, kalo bnyak mau mending bikin motor sendiri saja tohh. Ga ada yg sempurna semuanya juga, hanya bagaimana kita membuat itu menjadi lebih baik saja πŸ™‚

    • andrie2305
    • October 24th, 2012

    Just sharing dikit tentang minerva, sy pernah test drive megelli 250rv di prj kemarin, hasilnya sy kepincut utk ambil mtr ini, namun baru kesampaian utk berani membeli sekarang, tp ternyata kendalanya ada saja, maklum kantong pas2an, stlh melirik kredit list sy memutuskan utk ambil dgn DP diatas 1 tingkat dari yg terendah yaitu 7jt dgn pembiayaan adira syariah, namun stlh sy cek ke dealer resmi utk transaksi (dealer bekasi) mereka mengatakan bahwa DP terendah skrg adalah 8jt, sy sdkt kaget krn yg ksh list sy adalah minerva pusat di pemuda, dan disitu disebutkan DP terendah adalah 6,5jt, sy jg cek kebeberapa dealer lain (pd gede, jatiwaringin dan samanhudi) dan mereka tetap pakai yg 6,5jt..tp krn dealer bekasi menjanjikan bonus dan disc sy memutuskan utk tetap ambil melalui mereka dengan DP 8jt, persyaratn sebagian telah diambil oleh marketingnya….2 hari kemudian saya dihubungi oleh minerva (bukan adira) untuk mngecek apa benar saya ingin ambil ni motor dan akan disurvey oleh petugas dari survey adira nantinya, namun setelah ditanya mengenai kepemilikan rumah dimana saya masih mengontrak eh malah mereka bilang DP minimal kalau rumah sewa 40% dari OTR, memang dikira saya ini tukang tipu apa seakan2 kalau masih ngontrak dianggap ga layak buat ambil motor…logika saya kalau DP disuruh segitu mending saya ambil new ninja 250 inject…udah ketahuan kualitasnya….jadi saya rasa minerva ni rada2 belagu ga ngerti apa maksudnya..gimana mau bisa bersaing dipasar motor indonesia kalau kayak gini service nya…..maaf agak oot dari topik disini…namun ini yang saya rasakan, niat dan uang udah ada buat naik tunggangan ini tapi ya itu belum kesampaian buat milikin cuma test drive doang….berpikir untuk mengalihkan ke new ninja 250, indent indent deh….sekian dari saya yang kecewa atas pelayanan minerva….wassalam

      • andrie2305
      • October 24th, 2012

      Pantasan minerva menggandeng sachs, coz minerva definately sucks…sorry oot lg πŸ™‚

    • blackie
    • April 22nd, 2013

    Salam kenal semua…setelah membaca semua comment” yg ada sya ikut share sdikit mengenai Minerva.tdk ada gading yg tak retak,selagi masih buatan manusia tdk ada yg smpurna..apakah produk dari merk” lain sprti HxxxA,YxxxxA,KxxxxxkI,SxxxxI sempurna/tnpa cacat?(mgkin para riders sdah tau apa mslahnya)..,kita terkadang ga jujur dgn diri sdri/tdk mau mngakui klau produk lain jga brmslah..mgkin krn tertutupi oleh gengsi merk” dari jepang agaknya..seharusnya kita senang klau ada produk” baru ikut meramaikan bursa roda 2 di tanah air kita…seharusnya kita memberi masukan/saran tentang kekurangan sbuah produk,bknya memburuk” kan/mnjelek” kan ..gmna bisa maju bangsa kita bro klau bgtu!?klau Minerva serius mau bersaing dgn merk” lain pasti akan memperbaiki mutu/kualitas serta pelayananya..tpi klau hangat” tahi ayam ya bkalan gulung tikar jawab nya..yg penting adlah Kualitas,Pelayanan,Suku cadang,Service/bengkel & tggung jwab harus dtingkatkan.buat apa beli mahal” klau service/bengkelnya ga btanggung jwab & suku cadang nya ga ada/sulit?btul apa gak..?! jdi beli sesuai kbutuhan,mau dipakai harian/balapan?klau bingung mending naik angkot aja.xixixixi…mmangnya kita mau ngapain jga ribut mpermsalahkan top speed?..klau pun motor kita bisa tembus 150-175km/jam..paling”kita pkai jln harian cuma50-70km/jam.btul ga bro?so berhati” & bersopan santun d jln raya..ingat keluarga mnunggu kita d rmah..

    • jojo
    • September 4th, 2013

    ya bedalah mas.. 1 silinder dgn 2 silinder.. sama aja membandingkan kuda delman dgn kuda pacu..

  1. No trackbacks yet.

Leave a reply to wandy Cancel reply